Lihat ke Halaman Asli

nurul istiqomariya

Mahasiswi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang

Bagaimana Cara Membuat Program dengan Baik

Diperbarui: 14 Desember 2022   22:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai teman-teman apa kabar nih?pasti baikkan,nah sekarang aku akan membahas tentang bagaimana cara menyusun dan mengukur program perkembangan social emosional padan anak.kalian tahu gak alas an kenapa kita ketika akan membuat program harus menyusun atau mengukur rencana program yang akan kalian buat,karena jika kita membuat program dengan menyusun atau mengukur programnya dengan baik,maka programnya akan berjalan sesuai dengan program yang telah dibuatnya.Jika kita membuat program tanpa menyusun atau mengukur program terlebih dahulu maka program tersebut tidak akan berjalan sesuai dengan program yang ada,maka lebih baik jika kita mau buat program baru kita harus menyusun dan mengukur program tersebut kira-kira dengan program yang baru anak bisa memahami atau bisa dimengerti.

Perkembangan social emosional anak ini sangat penting Karena dapat memengaruhi karakter kepribadian anak.Di masa perkembangan ini anak masih saja memilih-milih untuk berteman dan hanya mempunyai  satu atau dua teman untuk bermain.Dalam perkembangan ini anak mempunyaio tempramen atau kesadaran diri dalam ketrampilan berkomunikasi.Perkembangan social emosional ini sangat penting agar anakmemiliki kemampuan atau kepercayaan diri untuk berkomunikasi dan dapat mengelola masalah yang mereka alami.

Dimasa perkembangan ini anak sudah mulai memahami siapa mereka,dan anak juga bisa merasakan apa yang mereka rasakan ketika anak berinteraksi dengan orang lain selain orang tua  pada saat ini kita bisa mengetahui perkembangan apa yang trejadi ketika bertemu dengan orang baru dan bagaimana ekspresi emosinya.Ada tiga bidang utama yang harus kita pahami sebagai berikut

  • Acting adalah anak berprilaku sesuai dengan aturan social
  • Feeling adalah memahami emosi orang lain dan mengatur emosi diri
  • Thinking adalah mengulas pikiran dan perhatian

Dari tiga bidang di atas kita mempelajari ini agar bisa memastikan perkembangan anakagar  sesuai dengan tahapan usianya ,untuk mengidentifikasi gejala yang tidak sesuai standartnya,mempunyai rencana treatment dan mengambil keputusan dan mengevaluasi kualitas dampak layanan pendidikan yang ada.

  • Self Awarenees dapat menyadari acting,feeling dan thinking diri sendiri
  • Self Management mampu mengendalikan kehidupan diri sendiri dalam lingkungan social
  • Responsible Decision Making mampu mengambil keputusan yang bisa dipertanggung jawabkan
  • Social Awarenees bisa menyadari kondisi lingkungan sekitar
  • Relationship Skill mampu membangun hubungan dengan orang lain

Untuk menyusun program yang akan di jalankan ada beberapa kontruksi sebagi berikut ada nilai agama dan moral,fisik-motorik,kognitif,bahas,social-emosional,dan terakhir adalah seni.Krena dengan menyusun atau mengukur perencanaan program yang baik kita bisa mengambil alat ukur yang tepat dalam mengukur gambar perkembangannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline