Lihat ke Halaman Asli

nurul istiqomariya

Mahasiswi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang

Yok Simak Apa Itu Happyness & Joy

Diperbarui: 30 November 2022   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Konsep Dasar Mengenai Basic Emotional

 Emosi merupakan perasaan atau efek yang muncul dari diri seseorang baik bersifat positif ataupun negative.Sedangkan menurut Lawrence E. Shapiro emosi adalah kondisi jiwa manusia,karena sifatnya yang psikis.Maka emosi dapat disebut sebagai luapan-luapan emosional atau gejala-gejala dan fenomena-fenomena.Seperti kondisi sedih,gembira,gelisah,benci dll.

Menurut Elizabeth B. Hurlock kemampuan anak untuk bereaksi secara emosional sudah ada sejak bayi baru dilahirkan.Gejala pertama prilaku emosional ini merupakan rangsangan umum.Dengan meningkatnya usia anak,reaksi emosionak anak kurang menyebar,kurang sembarangan,lebih dapat dibedakan,dan lebih lunak karena mereka harus mempelajari reaksi orang lain terhadap luapan emosi yang berlebihan.

Rasa Takut

Rasa takut berpusat pada bahaya yang bersifat fantastic,adikodrati,dan samar-samar.Pada rasa takut ini mereka takut kegelapan dan makhluk imajinatif yang diasosiasikan dengan gelap,kematian atau luka,pada kilat Guntur,serta karakter yang menyeramkan yang ada di dongeng,film,televise,atau komik.

Rasa Marah

Rasa marah ini disebabkan oleh berbagai masalah, misalnya masalah gerak yang diinginkan oleh anak baik dari orang lain atau dari anak itu sendiri.Reaksi kemarahan anak secara garis dibagi menjadi dua jenis yakni reaksi impulsive dan reaksi ditekan.Reaksi impulsive ini memiliki hukum yang bersifat keluar,yang dimana hukuman ini diarahkan kepada orang lain.Sedanfkan reaksi ditekan ini dalam astian anak mengarahkan reaksi pada diri sendiri.

Rasa terkejut

Rasa kaget ini terjadi jika kita dikasih surprise, terkejut karna bisa melakukan suatu hal,cara mengekspresikannya dengan wajah melebarkan mata,membuka mulut,mengangkat alis.jika bereaksi dengan fisik bisa dengan melompat,teriakan,atau megap-megap.

Duka Cita Atau Kesedihan

Duka cita atau kesedihan ini bukan keadaan yang umum bagi anak-anak karena dua alasan : Pertama.Orang tua,guru,dan orang dewasa berusaha mengamankan anak dari berbagai duka cita yang menyakitkan.Kedua,terutama anak masih kecil dan mempunyai daya ingat yang tidak terlalu lama sehingga dapat dibantu melupakan duka cita tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline