Lihat ke Halaman Asli

nurul istiqomariya

Mahasiswi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang

Yuk Pahami Perkembangan Otak dan Stimulasi pada Anak

Diperbarui: 24 April 2022   19:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Halo sobat kompasiana alhamdulillah masih bisa bertemu kalian lagi,Kalian masih inget gak nih minggu kemaren kita bahas sudah bahas apa?yups betul kemaren kita membahas tentang perkembangan sistem  saraf manusia pada tahun pertama kelahiran.

Nah,Pada artikel kali ini saya akan membahas/mempelajari materi yang tidak jauh dari materi sebelumnyan yaitu perkembangan sistem saraf pada masa anak usia dini.Tema kali ini sangat menarik untuk kita pelajari yang dimana pembahasan kali ini lebih detail dan mendalam,supaya kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan dan pertumbuhan sistem saraf pada masa anak usia dini.Yuk kita simakbersama-sama agar kita dapat mengetahui mengenai materi tersebut.

Perkembangan dan pertumbuhan pada anak merupakan suatu hal yang krusial.terlebih hal nya perkembangan otak pada bayi harus sering diperhatikan oleh orang tua agar otak berkembang dengan baik.
Mengapa demikian,karena jika orang tua  memerhatikan setiap tahap-tahapan serta perkembangannya,Sebagai orang tua akan mampu membimbing serta memberikan stimulasi yang tepat bagi anak dan sesuai dengan tahapan yang dilewatinya.

Berikut ini mari kita pelajari bersama materi perkembangan sistem saraf manusia pada anak usia dini.
Tahapan Perkembangan Saraf Tahun Pertama Kelahiran

Perkembangan otak anak merupakan sala satu point yang sangat penting dan sangat berpengaruh dalam kehidupan serta pertumbuhan mereka.Dalam hal ini otak menjadi pusat kontrol sel-sel saraf manusia dan sejumlah jaringan pendukung lainnya yang terhubung untuk mengatur sebagian besar gerakan,perilaku serta fungsi tubuh,seperti tekanan darah,suhu tubuh,jantung dan cairan tubuh,perkembangan otak pada anak terjadi saat bayi masih berada di janin.

Para ahli mengatakan bahwasanya masa pertumbuhan anak dikatakan sebagai masa emas atau dikenal dengan kata Golden agen sejak bayi lahir sehingga berusia enam tahun.

Diusi ini Perkembangan otak anak  rentang mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga orang tua harus memahami setiap tahapan-tahapan perkembangan terjadi pada anak.Lalu apakah kalian tahu alur tahapan perkembangan saraf ditahun pertama kelahiran?

Tahapan perkembangan sistem saraf otak terjadi pada usia satu tahun,dan diperkiran otak bayi pada usia satu tahun ini rata-rata ukurannya telah mencapai dua kali lipat dari ukuran otak ketika lahir.

Pada usia dua tahun berat otak sudah mencapai 75% dari berat otak orang dewasa.Pada masa ini terjadi banyak perkembangan yang luar biasa pada otak si kecil.Bisa di tandai dengan adanya perkembangan emosional dan terjadi rasa ingin tahu anak mengenai hal yang dia lihat atau yang dirasakannya.

Pada usia 1 sampai 2 tahun,anak juga telah memiliki kemampuan dalam mengenali benda atau sesuatu yang telah dia tangkap dari sekitarnya,hingga mampu mnenyusun kata atau kalimat secara sederhana dan mengungkapkannya.Pada usia 2 tahun anak akan lebih terasah dalam perkembangan motorik.

Perkembangan ini bisa dilihat dari anak yang sudah bisa jalan,berlari dan melompat kecil.Ketika anak sudah memasuki usia 3 tahun perkembangan sel-sel serta besar volume otak anak sudah mencapi 80% dari otak orang dewasa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline