Lihat ke Halaman Asli

nurul istiqomariya

Mahasiswi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang

Sistem Saraf Tahun Pertama Kelahiran

Diperbarui: 18 April 2022   05:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Wahh hallo sobat bertemu lagi nih dengan saya nah kali ini saya akan membahas tentang perkembangan sistem saraf manusia tahun pertama kelahiran.

Otak adalah organ terpenting pada diri manusia,Di dalam otak terdapat sel-sel jaringan yang memiliki fungsi masing-masing,Otak meskipun memiliki banyak sel kinerjanya bisa mengkoordinasi antar satu sama lain untuk menghasilkan suatu fungsi yang sempurna.

Tumbuh kembang anak bukan hanya memerlukan kematangan fisik,tetapi juga memerlukan kematangan saraf yang sesuai.Jika anak sudah mencapai usia tertentu dan mempunyai tubuh yang cukup kuat untuk melakukan gerakan.Jika kematangan saraf tidak cukup maka dia tidak akan mampu untuk menggerakkan tangan.

Pada saat bayi lahir sehingga bayi mencapai usia enam bulan,sel-sel saraf pada bayi belum seluruhnya mencapai perembangan pematangan.karena sel dapat dikatakan sebagai tingkat pencapaina kematangan apabila sudah berbentuk akson pada tubuhnya.

Setiap akson baru terbentuk akan terbentuk pula sinaps yang dapat memungkinkan akan terjadi suatu komunikasi antar bagian tubuh dengan otak.Maka dapat menyebabkan anak belum bisa mengontrol gerakan tubuhnya.

Dan didalam otak tidak hanya terdapat sel saraf saja akan tetapi ada sel glia.Sel glia ini mempunyai fungsi melindungi,mendukung,dan memberi makan pada sistem saraf.dengan proses ini maka tumbuh kembang sel saraf dapat berkembang dengan baik dan dapat menyalurkan suatu pesan.

Didalam otak bayi yang baru lahir kurang lebih 100 milyar sel saraf,dan sel saraf memiliki 3 macam sel saraf yaitu:
1.Badan sel yang berbentuk bintang yang dimana didalamnya terdapat inti sel dan ujung-ujung dari badan sel yang memiliki fungsi penghubung atar satu sel ke sel yang lain.
2.Dendrit adalah serabut pendek yang bercabang.dan satu sel memiliki sekitar 200 dendrit.
3.Akson yang memiliki bentuk panjang,yang menyerupai tangkai dari sel saraf.akson ini di lindungi selaput dari lemak yang biasa dikenal dengan mielin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline