Lihat ke Halaman Asli

NURUL ISNAINI

Mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta

Analisis teks terjemahan (Al-quran, hadist & Qoul ulama)

Diperbarui: 2 Januari 2022   00:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bismillahirrahmanirrahim

Puji beserta syukur saya panjatkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’aala, karena berkat Rahmat dan Ridha-Nya makalah analisis tarjamah ini dapat saya selesaikan sesuai apa yang diharapkan.
Shalawat dan salam semoga selalu terlimpah curah kepada baginda Rasulullaah Muhammad SAW. Yang telah menerangi kegelapan, membawa kita ke jalan yang diridhoi Allah SWT.
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas tarjamah yang di ampu oleh Bpk.Toto edidarmo M.A

Akhirnya saya mengucapkan banyak terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah mendukung penyusunan makalah ini. Selanjutnya saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sehingga akan menumbuhkan rasa syukur kami kepada Allah SWT. Dan dalam hal perbaikan makalah ini ke depannya.

 
AYAT AL-QUR’AN

Ayat Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23
(Dimuat dalam jurnal    https://m.republika.co.id/amp/qvd72c366)

۞ وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

(ANALISIS)

Melalui firman Allah diatas, kita hendaknya senantiasa berbuat baik kepada orangtua. Karena terdapat ridho Allah disetiap ridho orangtua.

Selain itu, janganlah seorang anak bertindak buruk kepada orangtua. Akan tetapi bersikaplah lembut kepada mereka berdua.

Apabila keduanya atau salah satu dari mereka telah berusia senja maka janganlah sekali-kali menghardik mereka meski hanya dengan kalimat ‘ah’, atau berbuat buruk kepada mereka dan membentak mereka dengan kasar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline