Lihat ke Halaman Asli

Jurnalisme Dakwah "Pentingnya Akhlak

Diperbarui: 20 Oktober 2021   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Akhlak adalah hal yang penting bagi seorang muslim, terutama aqidah akhlak kita kepada Allah, bahkan di katakan belajar adab akhlak dahulu dari pada ilmu.
Ini bukan tanpa alasan, karena orang yang beradab dan berakhlak mulia jika mempunyai ilmu akan mudah untuk mengamalkan dan tidak sombong dengan ilmunya.

Akhlak mulia merupakan akhlak yang berlaku dan berlangsung diatas jalur al-Qur'an dan perbuatan NAbi Muhammad saw. Dan Allah swt menetapkan akhlak mulia bagi Nabi Muhammad saw.
Dalam sikap dan perbuatan seperti dalam al-Qur'an surat al-Qalam ayat 4.
"dan sesungguhnya engkau muhammad mempunyai akhlak yang mulia".

Dalam kehidupan sosial atau bermasyarakat wajib bagi kita untuk saling tolong menolong atapun membantu. Kerena kita hidup seluputnya tidak sendirian, kita hidup itu membutuhkan orang lain. Dalam hidup besosial atau bermasyarakat juga kita harus berakhlak, dalam artian disini sudah pasti akhlak yang baik pula. Dan dapat di implementasikan dengan cara, tolong menolong, menepati janji, bermusyawarah dan menjaga ukhuwah.

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah". (QS. Al Ahzab: 21)

Di dalam Al-Quran ada banyak ayat yang memerintahkan kita agar menghiasi diri dengan akhlak-akhlak yang terpuji, dan menjanjikan balasan kebaikan di dunia serta pahala yang sangat besar di akhirat. Allah berfirman.

"Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia" (QS. Al-Baqarah [2]: 83)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline