Lihat ke Halaman Asli

Nurul Hidayat

It's a wonderful life

Semarak Ramadhan di Negeri Jiran

Diperbarui: 2 April 2022   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampus Universiti Teknologi Malaysia Menyambut Ramadhan. Foto: utm.my

Ramadhan tahun 2022 kali ini terasa lebih spesial daripada dua tahun terakhir. Banyak negara di belahan bumi ini telah memulai transisi dari fasa pandemi ke endemi Covid-19, Malaysia salah satu contohnya. Dengan kata lain, banyak negara telah mulai berdamai dengan virus Covid-19. Meningkatnya jumlah penduduk dunia yang telah divaksin diikuti dengan tingginya kesadaran masyarkat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan adalah upaya penting untuk menghadapi wabah Corona.

Menurut beberapa warga negara Malaysia yang saya tanya, beberapa tahun terakhir keputusan awal mula Ramadhan di negeri jiran ini terpusat dan serentak. Untuk tahun ini, awal Ramadhan jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022. Lalu, apa saja persiapan warga masyarakat Malaysia dalam menyambut Ramadhan?

Secara nasional, pemerintah Malaysia meliburkan seluruh kegiatan di sektor publik maupun swasta untuk negeri Johor, Kedah, dan Malaka di hari pertama bulan Ramadhan. Jadwal libur nasional negara Malaysia di sepanjang tahun 2022 dapat dilihat pada tautan ini. Di Malaka, libur awal Ramadhan akan berlangsung dua hari, dari tanggal 3 hingga tanggal 4 April 2022 (silakan lihat tautan ini). Di Johor (ini kasus khusus), ada kawan saya yang bekerja di sektor swasta dan menurutnya libur awal Ramadhan di tempat kerjanya juga dua hari, tanggal 3-4 April. Selain itu, pemerintah juga memberikan libur di hari Nuzulul Qur'an pada tanggal 19 April 2022 yang berlaku untuk Negeri Kelantan, Pahang, Perak, Perlis, Penang, Selangor, dan Terengganu (cek informasinya di tautan ini). Dari data ini, kita bisa simpulkan bahwa sebagian negeri libur di awal bulan puasa, sebagian lainnya libur di hari Nuzulul Qur'an.

Lebih lanjut, di banyak kampung ada tradisi yang legendaris di Malaysia dengan ramainya orang berbagi bubur lambuk. Masjid menjadi tempat sentral untuk berbagi bubur lambuk untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Bahan utama untuk membuat bubur ini adalah beras, santan, potongan daging, dan rempah-rempah. Saya pun penasaran untuk mencicipi rasanya seperti apa. Nanti boleh lah hunting bubur lambuk di masjid. Semoga rezeki dapat.

Terakhir, mirip dengan di Indonesia, bazar Ramadhan adalah salah satu kegiatan yang nampaknya juga bersifat 'wajib' selama bulan puasa. Tetapi, selama dua tahun MCO (Movement Control Order), bazar Ramadhan ditiadakan selama dua tahun terakhir disebabkan pandemi Covid-19. Tahun ini, saya lihat sudah mulai ramai orang-orang menyiapkan bazar Ramadhan. Bahkan, di kampus UTM Johor Bahru, siapa saja boleh menyewa tempat bazar yang disediakan oleh kampus. Beroperasi selama 3 April-2 Mei 2022 mulai pukul 3.00 sampai pukul 8.00 waktu Malaysia. Oh ya, waktu sholat Ashar di Johor biasanya di sekitar pukul 4.15 sore dan Maghrib sekitar pukul 7.15 petang.

Alhamdulillah, bersyukur kita karena kembali dipertemukan lagi dengan bulan Suci Ramadhan tahun 1443 Hijriah. Alhamdulillah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline