Lihat ke Halaman Asli

Menerka Masalah Merangkul Risalah

Diperbarui: 4 Maret 2022   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berbicara mengenai permasalahan yang kerapkali tentu saja bisa terjadi walaupun diancang agar bisa dihindari. Namun tahukah kalian bahwasanya dibalik permasalahan menuaikan hikmah dalam peluang kejadian.

Untuk mengetahui lebih lanjut yuk mari simak artikel berikut !!! 

Setiap manusia ketika menjalankan hidup tentu dihadapkan pada masalah yang harus diselesaikan, baik itu berskala risiko besar ataupun kecil. Tidak ada seorang pun yang lepas dari sebuah masalah serta berhadapan dengan keputusan yang harus dibuat. Bahkan ketika seseorang berniat untuk tidak melakukan sesuatu pun, sesungguhnya dia sudah mengambil keputusan dan berbagai risiko yang harus dituai di kemudian hari.

Tidak mudah untuk menyelesaikan permasalahan, karena pada dasarnya perlu tolak ukur terlebih dahulu untuk memikirkannya. Perbedaan pendapat pada setiap orang dalam menghadapi permasalahan tentu menjadi hal perlu untuk diusut dalam penyelesaiannya.

 Lalu apakah Anda tahu bahwa risalah prinsip hidup dalam menyelesaikan permasalahan? berikut ulasannya;

1. Berpikir logis dan bersikap tenang

Hal ini sangat diperlukan karena dengan kesadaran kemampuan untuk menarik kesimpulan yang benar menurut aturan logika dapat membantu mempermudah proses memahami masalah dengan bersikap tenang.

2. Bersabar dan belajar mendapat hikmah

Menyikapi permasalahan dengan ketabahan, kesabaran, ikhtiar, ikhlas jadikanlah tonggak utama dalam penitipan hikmah permasalahan.

3. Menjauhi hal terlarang

Beredarnya berita kasus hal negatif yang terjadi akibat masalah nyawa berakhir dengan tragis. Hal tersebut patut untuk dijauhi karena tentu saja masih banyak solusi yang tanpa harus menyakiti diri sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline