Lihat ke Halaman Asli

Best Practice/Implementasi Pembelajaran Inovatif

Diperbarui: 24 Februari 2024   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Implementasi Pembelajaran Inovatif Model Project Based Learning (PjBL ) 

Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VII

Tujuan yang ingin dicapai  : Meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada materi Mampu Mengidentifikasi Keberagaman suku,agama,ras dan antar golongan dalam bingkai bhineka tunggal ika

Penulis : Nurul Fakih

Situasi :

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah :         

  • Metode pembelajaran kurang bervariasi
  • Sumber belajar yang digunakan siswa masih terbatas
  • belum mengintegrasikan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam proses pembelajaran yang menantang
  • Kurang menciptakan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
  • Pembelajaran belum berbasis HOTS
  • Hasil belajar rata-rata siswa rendah hal ini dibuktikan dengan  perolehan nilai siswa

Mengapa best practice (Praktik baik) ini sangat  penting

Karena :

  • Pembelajaran yang bervariasi meningkatkan semangat belajar peserta didik
  • Praktik pembelajaran bisa dijadikan contoh penerapan pembelajaran inovatif oleh para guru lain di sekolah yang ingin memanfaatkan media teknologi dalam pembelajaran
  • Praktik pembelajaran dengan memanfaatkan TPACK bisa memotivasi saya untuk membuat inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran
  • Pembelajaran ini bisa membangkitkan jiwa kempetisi peserta didik                                                                 

Peran dan tanggung jawab saya dalam mendesain praktik pembelajaran inovatif adalah sebagai berikut:

  • Menganlisis capaian pembelajaran
  • Menentukan tujuan pembelajaran
  • Merancang modul ajar beserta lampirannya,seperti bahan ajar
  • Melakuka riset untuk menemukan materi ajar,metode,model,media pembelajaran yang menarik sesuai dengan kompetensi peserta didik
  • Merancang penilaian yang sesuai dan menentukan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai tujuan pembelajaran
  • Menentukan media pembelajaran berbasis TPACK.
  • Merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrument penilaian (Evaluasi )
  • Menentukan masalah yang akan didiskusikan dan solusi pemecahan masalah

Tantangan :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline