Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Proyek: Pengertian, Elemen, Tujuan, dan Manfaat

Diperbarui: 28 Agustus 2023   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Berkecimpung dalam dunia perproyekan memang sangat nikmat hasilnya bila berhasil, namun perlu Anda ketahui dan pahami bahwa dibalik proyek yang berhasil maka dibutuhkan manajemen proyek yang baik. Berbagai upaya yang dilakukan tidaklah mudah untuk mencapai hasil akhir yang optimal.

Bila Anda seorang pemula dalam dunia perproyekan maka sangat penting hukumnya Anda menguasai ilmu manajemen ini. Sebab dengan khatam materi ini maka Anda bisa memaksimalkan kinerja dari proyek beserta tim Anda untuk menyukseskan proyek yang Anda kerjakan tersebut.

Untuk itu sebaiknya Anda menyimak artikel ini hingga akhir sebab akan dibahas mengenai pengertian, elemen, tujuan, serta manfaat yang bisa Anda rasakan bila Anda menerapkan manajemen dalam setiap proyek yang Anda kerjakan ini.

Pengertian Manajemen Proyek

Tahukah Anda apa itu manajemen proyek? Manajemen proyek merupakan upaya yang dilakukan guna menggabungkan pengetahuan, alat, keterampilan, dan juga teknik khusus dengan tujuan memberikan sesuatu yang bernilai lebih ataubaru kepada orang lain.

Secara singkat dan lebih singkatnya proyek manajemen merupakan sebuah proses untuk memimpin tim guna mencapai tujuan proyek atau menyelesaikan setiap pekerjaan proyek dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Untuk proyek manajemen ini sendiri mencakup beberapa hal sepertu perencanaan, komunikasi yang baik, pelacakan, dan juga domentasi proyek yang menjadi sebuah syarat yang sangat begitu penting. Beberapa hal ini menjadi hal yang sangat penting dan menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik dalam melaksanakan sebuah proyek atau kegiatan.

Elemen Manajemen Proyek

Diluar dari beberapa hal cakupan manajemen proyek juga ada beberapa elemen yang menjadi dasar pembicaraan dalam manajemen ini. Berikut ini informasi mengenai 4 elemen pointing dalam proyek manajemen yang tidak bisa untuk dilewatkan.

  • Sumber Daya

Hal penting pertama adalah sumber daya, sebab sumber daya mampu mempengaruhi seluruh operasional proyek. Sumber daya yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya orang yang mengoperasikan atau mengerjakan, namun juga sumber daya lain berupa perangkat keras, peralatan, dan juga perangkat lunak terbaik yang digunakan.

  • Waktu

Waktu menjadi sebuah acuan yang begitu penting untuk diperhatikan, sebab durasi pengerjaan tugas adalah dasar menentukan kesuksesan dari proyek yang dikerjakan. Sehingga manajemen proyek juga harus memperhatikan manajemen waktu atau jadwal, pastinya setiap proyek yang dikerjakan memiliki tenggang waktu atau batas waktu pengerjaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline