Lihat ke Halaman Asli

Makassar City (MC) Expo 2016 sebagai Wujud Pertanggungjawaban Pemerintahan DIA

Diperbarui: 9 Mei 2016   13:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Danny Pomanto - Syamsu Rizal bersama Sekretaris Kota Makassar, Ibrahim Saleh pada Pembukaan MC Expo 2016 di Anjungan Pantai Losari, Minggu (8/5/2016).
Sumber Foto: www.rakyatsulsel.com

Euphoria warga Makassar menyambut Makassar City (MC) Expo 2016 sudah terlihat sejak hari Sabtu kemarin (7/5/2016). Acara ini merupakan peringatan 2 (dua) tahun pemerintahan Danny Pomanto-Syamsu Rizal MI atau Daeng Ical (DIA). Area Anjungan Pantai Losari yang merupakan tempat perhelatan MC Expo 2016 ini, sudah dipadati berbagai tanaman hias sejak Sabtu malam.

Malam itu, sudah terlihat pemandangan hijau di sepanjang Jalan Penghibur. Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkot Makassar mulai menghiasi stand masing-masing dengan berbagai tanaman merambat dan tanaman hias, mengingat MC Expo 2016 kali ini mengangkat Tematik Garden. Dalam acara ini, seluruh SKPD akan memamerkan program-program mereka, baik yang sudah maupun yang baru akan dilaksanakan.

Hari Minggu (8/5/2016), Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar telah resmi membuka MC Expo 2016 di Anjungan Pantai Losari, Makassar. Selain parade yang dilakukan oleh SKPD Lingkup Pemerintahan Makassar, para pejabat Pemkot Makassar juga terlihat kompak mengenakan seragam batik Lontara. Batik Lontara ini merupakan salah satu terobosan Danny Pomanto dalam rangka menggali nilai-nilai lokal yang dimiliki Kota Makassar. Menurut kabar yang beredar, selain untuk menggali nilai-nilai lokal kota ini, batik Lontara akan membongkar pakem batik yang selama ini didominasi oleh batik Jawa. Batik Lontara ini nantinya akan menjadi pakaian wajib bagi Pemkot Makassar yang dikenakan di hari-hari tertentu.

Dalam pembukaan MC Expo 2016 juga terlihat parade Marching Band Satpol PP dan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) yang memukau para pengunjung. Terlihat Marching Band IPDN menyuguhkan lagu 'Selamat Ulang Tahun' dengan diiringi gemuruh genderang yang dipadukan dengan suara terompet beserta riuh tepuk tangan dari para pengunjung yang menjadikan MC Expo 2016 ini tampak begitu meriah. 

20656108-283d-4cbf-a1c7-78342dcb3a36-57303397377b61a007c77d5b.jpg

Parade Marching Band Institut Pemerintahan dalam Negeri (IPDN)

Sesuai dengan rencana Danny Pomanto sebelumnya, dalam pembukaan MC Expo 2016 ini dimanfaatkan sebagai momen untuk meluncurkan 312 ribu 'Student Smart Card' atau Kartu Pintar untuk Pelajar Makassar. Peluncuran Kartu Pintar untuk seluruh pelajar di Makassar ini melibatkan salah satu Bank milik negara, yakni BNI (Bank Negara Indonesia) sebagai penyedia Kartu Pintar. Kartu Pintar ini memiliki beberapa manfaat bagi penggunanya, misalnya sebagai alat menabung, membayar di mesin EDC BNI, serta alat akses sekolah, seperti absensi siswa yang akan ternotifikasi ke nomor ponsel orang tua siswa. Danny mengatakan bahwa dengan adanya Kartu Pintar ini, orang tua siswa akan lebih mudah mengawasi aktivitas putra-putrinya di sekolah.

b82c542a-b8a5-49b2-b974-c5e777070617-169-57302cc89393731d048b457a.jpg

Peluncuran 'Student Smart Card' dalam Pembukaan MC Expo 2016
Sumber Foto: https://images.detik.com/

MC Expo 2016 juga menyuguhkan pameran alat cek jantung yang biasa digunakan oleh Rumah Sakit (RS) Internasional. Wali Kota Makassar beserta wakilnya berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan publik kelas dunia dengan memperkenalkan alat EKG, yaitu alat cek jantung berteknologi tinggi yang hanya biasa dijumpai di RS Internasional. Namun, alat tersebut sudah bisa dinikmati oleh seluruh warga Makassar tanpa terkecuali secara gratis saat ini. Pada pembukaan MC Expo 2016 ini, sebanyak 48 alat EKG disiapkan dan langsung melakukan pengecekan jantung pada 1000 pasien di Pantai Losari. Danny juga mengatakan 48 peralatan EKG yang dihadirkan disini merupakan wujud pertanggungjawaban dari pemerintahannya. Ia memperlihatkan kepada publik seperti apa uang rakyat dibelanjakan.

unduhan-57302e2fe2afbdbd05512795.jpg

Pameran Alat Cek Jantung EKG
Sumber Foto: http://liputanmakassar.co.id/ 

Selain pameran alat cek jantung berstandar internasional tersebut, terlihat sebanyak 64 titik lampu ‘Singarana Lorong Ta’ menerangi Anjungan Pantai Losari. ‘Singarana Lorong Ta’ ini juga merupakan program Pemkot Makassar di bidang insfrastruktur ketenagalistrikan. Lampu ‘Singarana Lorong Ta’ yang terpasang di MC Expo 2016 adalah prototipe yang akan dipasang di 14 kecamatan se-Kota Makassar. Tinggi tiang mencapai 3,5 meter dengan desain multi fungsi. Selain untuk penerangan juga dapat difungsikan sebagai wadah pot bunga gantung, dan tiang kecil di bagian tengah dapat dimanfaatkan sebagai tiang bendera.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline