Lihat ke Halaman Asli

nurulasrii

Mahasiswa

Identitas Perempuan Minangkabau

Diperbarui: 29 Mei 2021   00:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Di minangkabau ada yang namanya baju kuruang basiba yangmana ini merupakan pakaian adat khas perempuan Minangkabau. Baju ini merupakan baju yang dipakai dalam keseharian para perempuan minangkabau tetapi itu pada zaman dahulu. Di zaman sekarang jarang bahkan mungkin tidak ada lagi perempuan minangkabau yang mengenakan baju kuruang basiba, menurut saya ini dikarenakan zaman yang semakin berkembang dan adanya pengaruh budaya luar.

Selain itu bentuk dari baju kuruang basiba ini cukup unik, bajunya longgar dan panjang hingga lutut. Tidak hanya unik, masing-masing bagian dari baju ini memiliki makna tersendiri. Misalnya seperti siba. 

Baju kuruang pasti memiliki siba, ini memiliki makna bahwa perempuan memiliki peran sebagai penyambung lidah atau sebagai penengah diantara dua kaum yang saling bertolak belakang. Kemudian lengannya yang lapang memiliki arti bahwa segala tingkah laku perempuan minangkabau harus sesuai dengan aturan serta bisa menjaga sopan dan santunnya. Dan tujuan lainnya agar memudahkan perempuan minangkabau untuk berwudhu jika hendak menunaikan ibadah shalat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline