Lihat ke Halaman Asli

Nurul Annisa

Undergraduate Tourism Student at Universitas Gadjah Mada

Taman Sari: Menguak Romansa Kerajaan di Tengah Yogyakarta

Diperbarui: 9 Oktober 2024   14:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Loh, yang dimaksud Laut Selatan itu ya di sini, bukan di Pantai Parangtritis"

Taman Sari, sebuah destinasi wisata yang tak pernah absen dari daftar perjalanan wisatawan jika berkunjung ke Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari Keraton Yogyakarta, hanya berjarak 500 meter saja. Awal Oktober 2024 ini, rasa penasaran akhirnya membawa saya ke destinasi yang penuh sejarah dan pesona ini. Sampai di lokasi, saya membeli tiket masuk seharga Rp15.000 untuk wisatawan domestik. Keputusan saya untuk datang di pagi hari, kurang dari 30 menit setelah destinasi ini dibuka, terasa sangat tepat. Suasananya masih cukup lengang, memberikan kesempatan bagi saya untuk menikmati keindahan Taman Sari dengan tenang dan syahdu.

Saat melangkah masuk ke Taman Sari, pandangan saya langsung tertuju pada gerbang besar yang menjulang di depan. Di atasnya, terpahat ukiran naga,  seolah-olah sedang menjaga pintu masuk, menambah kesan magis dan misterius. Seperti penanda bahwa saya baru saja memasuki dunia lain, dunia yang penuh misteri dan cerita dari masa lalu.  Namun, belum lama berjalan, seorang pria yang tampaknya berumur 60 tahunan tiba-tiba menghampiri saya. "Baru pertama kali kesini ya, Mbak?" tanyanya ramah, mungkin karena ia menyadari bahwa saya tampak kebingungan dan berjalan tak tentu arah. Memang, di tempat seluas ini, saya cukup bingung harus memulai eksplorasi dari mana. "Mau pakai pemandu, Mbak? Nanti saya jelaskan semua bagian tempat ini, bayar seikhlasnya saja," tawarannya sederhana, tapi langsung saya setujui. Di Taman Sari, tidak banyak papan informasi yang dipajang, dan mendengar cerita langsung dari seorang pemandu terasa seperti keputusan terbaik. Dengan penuh antusias, saya pun memulai perjalanan menyusuri sejarah dan keindahan Taman Sari, kini dipandu oleh seseorang yang mengenal setiap sudutnya dengan baik.

Pak Eli telah 27 tahun menjadi pemandu wisata, tak heran bila ia sangat paham dengan latar belakang tempat ini. Setiap kata yang keluar dari bibirnya memantulkan kedalaman pengetahuannya. Taman ini dibangun pada tahun 1758 dan selesai tujuh tahun kemudian, angka tahun ini pun abadi dalam ornamen gapura yang menyambut kedatangan para pengunjung.  Masih di awal pintu masuk, selayaknya sebuah taman, terdapat berbagai tanaman yang menghiasi Taman Sari, tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi, namun tanaman-tanaman tersebut juga sarat makna. Seperti Pohon Kepel, Bunga Kantil, Pohon Beringin, dan tanaman-tanaman lainnya memiliki filosofi mendalam yang mencerminkan harmoni antara alam, manusia, dan spiritualitas.

Lebih jauh kami berjalan, hingga tampaklah dua buah kolam yang menjadi ikon menarik destinasi ini. Pak Eli dengan semangat menjelaskan bahwa sebenarnya ada tiga kolam di sini. Di utara terdapat Umbul Kawitan, tempat putri-putri Sultan bersiram. Di tengah terdapat Umbul Pamuncar, di mana istri dan selir Sultan berendam. Di selatan ada Umbul Panguras, tempat Sultan sendiri mandi bersama istri terpilihnya. Terdapat larangan untuk melemparkan koin ke dalam kolam, pasalnya terdapat keyakinan bahwa dengan cara tersebut maka keinginannya bisa terkabul. Namun, menurut Pak Eli, koin-koin itu hanya akan mengundang lumut, mengotori kolam yang seharusnya tetap jernih dan indah.

Kami terus melangkah, memasuki bangunan di utara Umbul Kawitan. Di kanan kiri pintunya terdapat teralis yang digunakan untuk pembakaran dupa. Di dalamnya, terdapat foto-foto Taman Sari di masa lalu yang menceritakan kisah yang sama sekali tak terucap, namun terasa dalam setiap jengkalnya. Rempah-rempah dan tanaman obat yang dipajang di sini bukan hanya sekadar pameran, tapi juga menjadi saksi bisu bagaimana kekayaan alam Nusantara pernah menarik perhatian bangsa asing, termasuk Belanda.

Kami bergeser ke selatan, menuju sebuah bangunan dengan menara tinggi. Dari puncaknya, Sultan bisa melihat istri-istrinya yang tengah mandi di kolam. Di dalam bangunan ini, ada sebuah kamar dengan ranjang tunggal yang dahulu menjadi tempat Sultan beristirahat. Pintu-pintu yang rendah membuat siapa pun yang melangkah ke dalamnya harus menunduk, sebagai tanda penghormatan kepada Sultan dan simbol kesopanan. Di baratnya, ada sebuah ruang untuk berganti pakaian dan berhias, di mana kendi berisi air menjadi cermin. Filosofi sederhana mengalir dari Pak Eli, "saat bercermin, istri dan anak-anak Sultan harus melihat ke bawah, agar mereka tetap rendah hati."

sumber: dokumentasi pribadi

Langkah kami selanjutnya membawa kami ke Gapura Agung, gerbang besar yang memisahkan Taman Sari dari pemukiman di sekitarnya. Dahulu, Taman Sari membentang jauh lebih luas, dikelilingi oleh danau-danau, sehingga perahu atau sampan menjadi alat transportasi utama. Pak Eli bercerita bahwa pintu masuk yang kami masuki di awal perjalanan tadi sebenarnya adalah pintu keluar saat Taman Sari ini masih difungsikan. Pintunya menghadap ke barat, sesuai kiblat Islam. Namun, pintu tersebut sudah rusak karena gempa sehingga ditukar dengan pintu masuk yang sekarang.

Pemukiman di sekitar Taman Sari berdiri pun adalah bukti kepedulian Sultan terhadap abdi dalem yang rumahnya hancur karena gempa. Bangunan-bangunan ini, meski sederhana, tetap memiliki filosofi yang sama---pintu-pintu pendek yang memaksa penghuninya menunduk, menghormati tempat yang mereka masuki. Di sepanjang jalan, toko-toko oleh-oleh berdiri, menawarkan kenang-kenangan kecil yang bisa dibawa pulang.

Perjalanan kami berlanjut ke Sumur Gumuling, bangunan masjid bawah tanah yang unik. Lima tangga menjulur menuju pusatnya, di mana lorong-lorong panjang menghubungkan bangunan ini dengan ruangan-ruangan lain yang menyimpan rahasia. Bangunan ini memiliki dua lantai, lantai bawah digunakan untuk perempuan beribadah dan lantai atas untuk laki-laki. Tempat ini tak hanya digunakan untuk beribadah, tapi juga sebagai tempat persembunyian. Namun sayangnya, sejak pandemi, bangunan ini ditutup untuk umum, dan kami hanya bisa mengintip dari luar, membayangkan keheningan dan kesakralan yang memenuhi ruang-ruangnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline