Lihat ke Halaman Asli

Isu-Isu Sosial-Emosional di Sekolah Dasar: Bullying, Masalah Disiplin, dan Interaksi Sosial di Kelas

Diperbarui: 19 Januari 2025   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Isu-Isu Sosial-Emosional di Sekolah Dasar: Bullying, Masalah Disiplin, dan Interaksi Sosial di Kelas

Sekolah dasar adalah masa kritis dalam pembentukan perkembangan sosial dan emosional anak. Pada tahap ini, anak-anak mulai mempelajari bagaimana menjalin hubungan sosial, mengelola emosi, dan memahami aturan sosial. Namun, berbagai isu sosial-emosional dapat muncul yang memengaruhi proses belajar dan perkembangan mereka. Tiga isu yang sering ditemukan di sekolah dasar adalah bullying, masalah disiplin, dan kesulitan dalam interaksi sosial di kelas.

1. Bullying

Bullying adalah salah satu isu sosial-emosional paling umum dan berbahaya di sekolah dasar. Bullying mencakup perilaku agresif yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan menyakiti orang lain, baik secara fisik, verbal, maupun sosial.

a. Bentuk Bullying

Fisik: Memukul, mendorong, atau melakukan kekerasan fisik lainnya.

Verbal: Mengejek, menghina, atau menggunakan kata-kata kasar.

Sosial: Mengisolasi seseorang dari kelompok atau menyebarkan rumor.

Cyberbullying: Menggunakan teknologi digital untuk mengancam, menghina, atau menyebarkan informasi negatif tentang seseorang.

b. Dampak Bullying

Korban: Merasakan ketakutan, rendah diri, stres, atau bahkan depresi. Dalam jangka panjang, ini dapat memengaruhi kepercayaan diri dan kemampuan sosial mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline