Lihat ke Halaman Asli

Nurul Aisyah

Mahasiswa

Dampak dan Penyebab Kesenjangan Sosial Ekonomi di Indonesia

Diperbarui: 27 Maret 2024   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Kesenjangan sosial adalah kondisi dimana suatu Masyarakat berada pada situasi tidak setara atau seimbang atau terdapat perbedaan yang sangat mencolok baik itu dari segi sosial maupun ekonomimnya. Kesenjangan sosial membuat Masyarakat kelas bawah  sulit mendapat akes hasil Pembangunan dan juga Pendidikan.


Dampak kesenjangan sosial dan ekonomi di Indonesia
1.Tingginya angka kriminalitas di Masyarakat
Kesenjangan sosial dan ekonomi yang terjadi di dalam Masyarakat seringkali menciptakan rasa tidak adil dan ketidakpuasan tentang kondisi yang dialami Masyarakat kelas bawah yang berujung pada terjadinya kriminalitas didalam Masyarakat.
2.Angka kemiskinan yang semakin tinggi
Akibat dari tingginya kesenjangan sosial ekonomi yg terjadi didalam Masyarakat seringkali menyebabkan sulitnya Masyarakat kelas bawah bersaing dalam mencari pekerjaan, karena tidak adanya akses serta rendahnya Tingkat Pendidikan serta edukasi didalam Masyarakat sehingga membuat angka kemiskinan semakin tinggi di Indonesia.
3.Menurunnya Tingkat Kesehatan di dalam Masyarakat
Kesenjangan sosial dan ekonomi dalam Masyarakat sangat berpengaruh pada Tingkat Kesehatan Masyarakat, rendahnya kesejahteraan Masyarakat akibat dari kesenjangan dapat menyebab kan berbagai risiko penyakit, para Masyarakat kelas bawah biasanya banyak tinggal di perkampungan atau lokasi yg terbilang kumuh yang akan menyebabkan banyak resiko terjangkit penyakit akibat dari rendahnya Tingkat kebersihan.


Penyebab terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi di Indonesia
1.Perbedaan kapasitas sumber daya alam, kondisi ini biasanya karena pada suatu wilayah akses serta sumberdaya nya sangat baik, sedangkan pada wilayah lain sumberdaya nya sangat buruk sehingga menyebabkan tinggi nya angka kesenjangan sosial dan ekonomi pada suata wilayah.
2.Ketidaksetaraan dalam hal Pendidikan, Pendidikan yg tidak merata membuat kecilnya peluang kerja bagi Masyarakat, Masyarakat dengan Pendidikan yang rendah biasanya sulit mendapatkan pekerjaan karna minimnya skill dan pengetahuan, serta biasanya mengalami banyak kesulitan jika ingin mengolah usaha sendiri.
3.Pengaruh globalisasi, globalisasi bisa menjadi penyebab kesenjangan sosial dan ekonomi di Indonesia Ketika Sebagian Masyarakat tidak dapat beradaptasi dengan perubahan yg terjadi disekitarnya sehingga tidak dapat memanfaatkan globalisasi yg ada dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline