Lihat ke Halaman Asli

nurul afifah soe

Perpetual Learning

Mengenal Cinta dalam Banyak Perspektif

Diperbarui: 9 Juni 2024   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

shopmoonlightguidance.com

Cinta...

Rasanya kita tidak pernah habis membahas dan mencari tahu apa itu cinta. Secara bahasa cinta adalah sebuah kata kerja yang bersifat fluktuatif, kenapa dikatakan fluktuatif karena kadar dalam mencintai bisa berubah-ubah setiap saatnya. Cinta adalah perasaan yang kompleks dan dinamis. 

Secara filosofis cinta adalah perasaan yang mendalam dan kuat yang membuat kita merasa terhubung secara emosional dengan orang yang kita cintai. Cinta adalah panggilan jiwa yang membawa kebahagiaan, kegembiraan, dan keintiman dalam hubungan. Cinta juga dapat diartikan sebagai perasaan tulus dan jujur yang datang dari hati paling dalam.

Menurut Stenberg (ahli ilmu psikologi) mengatakan cinta adalah bentuk emosi manusia yang paling dalam dan paling diharapkan. Sternberg  telah mencetuskan teori tentang cinta yang disebut The Triangular Theory of Love atau teori segitiga cinta. Dalam teorinya tersebut, Sternberg menyebutkan bahwa cinta mempunyai tiga komponen dasar, yaitu keintiman (intimacy), gairah (passion), dan komitmen (commitment).

Secara Theology Islam-pun mengenal The Triangular rules of love, di mana hubungan kita dan orang yang kita cintai bertujuan untuk mencari Ridha Allah semata. Socrates (filsuf) berpendapat bahwa cinta adalah keinginan untuk mencapai keindahan dan kebenaran itu sendiri. Di dalam dunia tasawuf, cinta adalah bagian dari ahwal, cinta bukan maqam. Ahwal adalah kondisi jiwa yang dianugerahkan oleh Allah kepada manusia. 

Menurut Dr. Fachrudin Faiz (dosen filsafat) cinta adalah anugerah dari Allah sekaligus amanah. Maka dari itu ketika kita merasakan cinta baiknya kita menjaga cinta itu sesuai dengan fitrahnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline