Lihat ke Halaman Asli

nurul sopia

mahasiswa

Strategi Pemasaran dan Pengembangan Industri Kecil Bakso Pak De

Diperbarui: 9 Juni 2023   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Bakso merupakan salah satu olahan daging secara tradisional, yang sangat terkenal dan digemari oleh semua lapisan masyarakat, karena memiliki rasa yang khas, enak, dan kaya gizi. Bakso memiliki kandungan protein dan kadar air tinggi serta pH netral, sehingga rentan terhadap kerusakan dan daya awet maksimal 1 hari pada suhu kamar. Bahan baku bakso dapat berasal dari berbagai daging jenis ternak, seperti: sapi, babi, ayam dan ikan. Adapun warung bakso yang bersaing dnegan warung bakso milik pak de yaitu, bakso wonogiri, bakso malang kuah pedas, dan bakso maskirung.

Persaingan pada penjualan bakso di daerah Tanjung Raya 1, Pontianak. Sudah banyak pesaing dengan adanya masyarakat disana sangan menyukai bakso. Akan tetapi dengan banyaknya pesaing warung bakso milik pak de ini menjadi kurang diminati atau mulai sedikit pembeli.  para pedagang bakso yang berada di jalan tanjung raya 1 Hakim Kelurahan dalam bugis .toko ini yang terletak di tengah pasar 5 memang menimbulkan berbagai permasalahan bau yang tidak sedap yang membuat orang kurang berselerah ,kemacetan yang sering dialami pengguna jalan, menganggukenyamanan pejalan kaki. tetapi disamping itu keberadaan para yang berada di tengah pasar menjadi lokasi yang stategis dalam penjualan makanan karna lokasi yang ramai setiap hari nya .dan dapat membuka lapangan kerja yang tidak memerlukan pendidikan yang tinggi, hanya diperlukan keinginan dan kemauan keras untuk berjualan setiap harinya .sehinggakebutuhan hidup sehari-hari dapat terpenuhi dan dapat meningkatkankesejahteraan keluarga para pedagang dan karyawan terpenuhi .

Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabar kanekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Dan memiliki keempat  fungsi yaitu Product (produk),Price (harga) ,Place (tempat) dan jam kerja. Warung bakso pak de menggunakan semuanya. Dan dwalaupun banyaknya persaingan dalam pasar akan tetapi warung bakso pak de tidak terlalu banyak mendapatkan kerugiaan dengan harga perporsinya yaitu Rp 12.000 maka dalam waktu sebulan warung pak de mendapatkan hasil Rp 360.00 . walaupun hanya mendapatkan segitu akan tetapi pak de tetap bersyukur mau bagaimana pun itu adalah usaha yang dilakukannya.

Hambatan yang terjado di warung pak de ada 4 yaitu Tingginya tingkat persaingan,Sulitnya mencari lokasi strategis, Kurangnya kreativitas dan Produk yang biasa saja ,cuaca .dan Adapun masing masing hambatan memiliki solusi solusi penting bagi pemilik warung bakso untuk memiliki rencana bisnis yang solid, pengetahuan industri yang baik, serta fleksibilitas untuk beradaptasi dengan perubahan dan memanfaatkan peluang yang ada.yaitu memiliki 4 solusi 1. Tingginya 13 tingkat persaingan : pesaigan di dalam bakso pak de ialah persaingan yang tidak sejenis seperti warung nasi kuning ,bubur yang makanan yang lebih sehatdan solusi adalah dengan menambahkan menu yang sehat .2. Sulitnya mencari lokasi strategis :adapun solusi nya yaitu dengan menjaga kebersihan di sekitar warung dan pasar dan memberi penutup di sekitar warung karna beberapa orang tidak suka makan di tempat yang terlalu terbuka .4. Kurangnya kreativitas dan Produk yang biasa saja :meningkatkan kreativitas yaitu solusi bagi warung pakde yaitu mengeluarkan kreatifitas seperti menjual bakso" yang sedang tren seperti bakso kuah pedas ,bakso kepiting,bakso jamur ,bakso cumi dll yang sedang trend di era sekarang. 4.cuaca : hambatan ini merupakan hambatan yang tidak terduga solusi untuk hambatan ini yaitu dengan memasang mengubahan jam kerja saat musim hujan .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline