Lihat ke Halaman Asli

Nurul Huda

Mahasiswa

Warga Setro Kidul Desa Purwosari, Sayung, Demak Berencana Menyelenggarakan Takbir Keliling Dalam Perayaan Hari Raya Idul Fitri

Diperbarui: 25 April 2022   00:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Demak -- Warga Desa Purwosari RT 02 RW 03 , Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.berencana menyelenggarakan takbir keliling dalam perayaan Hari Raya Idulfitri 1443 H/2022 M.

Padahal sebelumnya, Menteri Agama melalui Surat Edaran ( SE ) Nomor 08 Tahun 2022 telah melarang kegiatan takbir keliling.

Ketua Kegiatan Bulan Ramadhan, Rizky Kurniawan mengatakan, ini dilakukan lantaran animo masyarakat yang sangat besar untuk merayakan Lebaran dengan takbir keliling.

Pihaknya pun tak bisa menahan animo masyarakat. Selain itu, menurutnya, takbir keliling sudah menjadi tradisi dan sulit untuk dipisahkan dengan masyarakatnya.

Maka dari itu takbir keliling tetap diselenggarakan di RT 02 RW 03  dengan sederhana. Ia mengacu beberapa kegiatan ada kelonggaran serta pandemi Covid-19 di Kabupaten Demak sudah melandai.

"Animo dan desakan dari masyarakat tetap mengadakan takbir keliling sangat keras, walaupun dengan sederhana. Karena beberapa acara sudah ada kelonggaran untuk bisa diadakan, kenapa takbir keliling masih tidak boleh?" tanya dia, Sabtu (24/4/2022).

Ia pun siap menanggung resiko. Menurutnya, hal yang dilakukan warganya ini bukanlah kejahatan yang harus dihukum dan ditindak.

"Itu kan tradisi kita menyambut bulan syawal atau malam Hari Raya Idulfitri. (Maka) kita akan tetap melaksanakan takbir keliling bagaimana caranya. Seandainya ditindak pun kami siap hadapi, kita tidak melakukan kejahatan mawon (saja) kok," lanjut dia.

Ia menilai, bila takbir keliling tidak diselenggarakan, wilayahnya justru tak kondusif dan terjadi protes di mana. Lebih-lebih, warga sudah mempersiapkan takbir keliling.

Nantinya ada sekitar 115 warga yang mengikuti takbir keliling. Jumlah ini lebih sedikit daripada tahun tahun-tahun sebelumnya. Karena warga Setro kidul RT 02 RW 03 Desa Purwosari kecamatan Sayung sudah Membuat replika tokoh Sunan Kalijaga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline