Lihat ke Halaman Asli

Nurul Munawaroh

Fi sabilillah

Mengapa Bahasa Bisa Beragam?

Diperbarui: 27 April 2021   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengetahui alasan banyaknya ragam bahasa (inaki del olmo/unsplash)

Pada awalnya manusia hanya bisa berkomunikasi sebatasnya saja yaitu melalui mulut dan gestur tubuh. hingga lama kelamaan otak manusia berevolusi untuk memahami hal yang komplek. sehingga mampu untuk menamai benda, makanan dan sebagainya, yang di anggap menirukan sumber suara sesuatu. setelah itu manusia mulai memikirkan dua kata dalam satu kontruksi seperti apel dan pohon kemudian di gabung menjadi Pohon apel. dan kontruksi-kontruksi tersebut yang menjadi cikal bakal bahasa.

Keingintahuan tentang bahasa dimulai saat kerajaan mesir kuno yang merintahkah dua orang bayi di kurung di tempat yang berbeda. setelah umur dua tahan bayi tersebut mampu mengucapkan dua kata yang sama tanpa di ajari yaitu Bekos yang artinya roti dalam bahasa phyrgian. oleh sebab itu manusia menganggap bahwa bahasa phyrgian merupakan asal muasal bahasa karena dapat di ucapkan oleh dua bayi berbeda tanpa di ajari.

Keberagaman bahasa disebabkan oleh isolasi kebudayaan, Dimana setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda. Singkat cerita dulu nenek moyang kita dulu berpindah-pindah untuk mencari sumber makan, kemudian nenek moyang kita terpisah satu sama lainnya dan membentuk bahasa baru yang di sesuaikan dengan kondisi alam, makanan dan makhluk hidup lain yang ada di sekitarnya. Isolasi inilah yang menebabkan kenapa di tiap tempat memiliki bahasa yang berbeda.

Nenek moyang kita berkolaborasi atau bercampur dengan nenek moyang yang lain sehingga menciptakan bahasa yang berbeda. Kolaborasi antar bahasa nenek moyang yang satu dengan yang lain itu yang dinamakan "Super Language" yang berarti gabungan bahasa atau kumpulan bahasa. Selain itu tempat yang berdekatan cenderung memiliki kosakata yang hampir sama. Hal itu disebabkan oleh adanya kolaborasi antara tempat yang satu dengan tempat yang lain.

Adat istiadat pengucapan bahasa atau campuran bahasa yang dipakai sampai sekarang berfungsi sebagai alat komunikasi, alat untuk berfikir dan sebagai terciptanya tujuan dalam penyampaian pendapat dan sebagainya. Selain itu bahasa juga dapat memengaruhi seseorang  untuk mengtahui maksud dan tujuan dari seorang pembicara.

Apalagi Indonesia yang secara geografisnya terletak di kepulauan. setiap kepulauan memiliki isolasi budaya yang berbeda, mengakibatkan bahasa Indonesia memiliki keberagaman tersendiri. Ragam bahasa adalah perbedaan penuturan seseorang dalam berkomunikasi. Setiap daerah di indonesia memiliki bahasanya masing-masing namun perbedaan bahasa tersebut tidak menjadikan Indonesia terpecah belah, Karena adanya bahasa pemersatu bangsa yaitu bahasa Indonesia.

Nama: Nurul munawaroh
NIM: 2330019084
Prodi S1 Gizi/kelas C
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline