Kompasiana-Pada hari Jum'at (14/10/2022) Rumah Ruby JOGJA dan duapuluh Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISA YOGYA melaksanakan kelas Digital Marketing, pertemuan kedua bersama Bondan Satria. Kali ini Bondan membawakan materi dengan Tema "Branding Fundamental". Materi ini diawali dengan memperdalam fungsi dari adanya sebuah brand yakni agar pemasaran menjadi lebih mudah, tahan dan kebal terhadap competitor lain dan lebih tahan dari kebangkrutan. Dalam langkah awal pembentukan suatu brand dapat diawali tiga hal yaitu dengan perencanaan, persepsi dan aksi.
Pertama, perencanaan dalam sebuah pembentukkan brand dapat di sebut sebagai Brand Blueprint.
Kedua, persepsi atau cara pandang juga turut menjadi langkah untuk mengawali pembentukan brand. Hal ini dapat disebut dengan Brand Equity, namun perlu diketahui bahwa suatu persepsi akan sulit untuk di kendalikan.
Ketiga, aksi juga menjadi hal yang penting untuk membangun suatu brand, dalam hal ini suatu aksi dapat disebut dengan Brand Delivery. Selain itu, disisi lain Bondan meminta agar kelompok yang beranggotakan 1 UMKM dan 2 Mahasiswa UNISA YOGYA untuk menganalisis lebih dalam mengenal UMKM masing-masing kelompok. Data analisis yang di dapatkan akan di gunakan untuk evaluasi masing-masing kelompok. Salah satu dari sepuluh UMKM yang mengikuti program ini adalah UMKM Packaging LAPAK KARYA.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H