Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Pengembangan SDM UMKM Masa Kini

Diperbarui: 18 April 2023   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Usaha Mikro kecil dan menengah atau bisa disebut juga dengan UMKM merupakan usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh seorang individu atau badan usaha yang berukuran kecil. UMKM memiliki peran yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia, dengan begitu UMKM yang memiliki peran penting perlu adanya peningkatan baik dari segi produk maupun segi sumber daya manusianya. Kontribusi SDM yang baik akan berdampak pada kesuksesan, kemampuan bersaing dan juga keberlangsungan UMKM itu sendiri di masa yang akan mendatang. Untuk kontribusi SDM yang maksmila diperlukan adanya langkah manajemen SDM yang terencana. 

Begitu juga dengan warung makan Mbok Sarbini. Warung makan legend ini didirikan pada tahun 1985. Warung makan ini telah dikelola oleh anak pendiri rumah makan tersebut yaitu Ibu Rosmilah. Warung makan yang terkenal dengan menu kupat tahu dan soto ini sangat dikenali oleh sekitar warga Yogyakarta. Warung makan yang berlokasi dikawasan Piyungan Yogyakarta ini seringkali didatangi oleh para pengunjung baik dari warga lokal Yogyakarta maupun dari luar Yogyakarta. Karena banyaknya pengunjung yang membeli makanan pada warung ini seringkali para pengunjung mengantri cukup lama. Hal ini perlu dilakukan upaya agar warung tetap ramai pengunjung dan kualitas sdm juga cukup bagus. Berikut beberapa strategi yang perlu ditingkatkan dalam pengembangan sdm :

  • Perekrutan Karyawan dengan selektif : Perekrutan diperlukan karena kebutuhan sdm yang masih kurang dalam melayani pelanggan. Perekrutan bukan hanya asal untuk memilih karyawan tetapi juga perlu adanya seleksi, hal yang harus diperhatikan yaitu penyesuaian kebutuhan rumah makan, kejujuran dan kepercayaan. Bagi pemilik usaha untuk kejujuran dan kepercayaan berpengaruh terhadap kelangsungan usahanya, karena kejujuran dan kepercayaan karyawan dapat dibina untuk memenuhi kriteria yang belum terpenuhi seperti keahlian.
  • Menerapkan penghargaan (reward) bagi karyawan. Pemilik usaha akan menjumpai beberapa karyawan dengan tipe pribadi yang berbeda baik dari kinerja ataupun motivasi. Hal ini menjadikan tantangan bagi setiap pemilik usaha agar mampu melakukan manajemen SDM yang baik. Salah satunya dengan pemberian reward, apabila pengunjung warung makan ramai pemilik usaha seharusnya memberikan reward atas kerja keras karyawan dalam melayani para pengunjung rumah makan.
  • Pemberian Remunerasi yang masuk akal : Gaji atau upah karyawan juga mampu mempengaruhi kinerja dalam diri karyawan. Maka pemilik usaha juga harus memberikan gaji yang standar sesuai posisi kerja karyawan.
  • Melakukan Evaluasi manajemen SDM : Proses ini sangat penting karena untuk mengetahui kinerja karyawan. Dengan melakukan evaluasi SDM yang baik, pemilik usaha akan memiliki karyawan dengan sikap loyalitas dan kualitas yang tinggi untuk bekerja sama mwmbawa UMKM rumah makan ini semakin maju dan lebih dikenal lagi. 

Dengan pengembangan SDM diatas diharapkan pemilik usaha rumah makan mampu menerapkan setiap strategi yang diperlukan demi kesuksesan warung makan legend Mbok Sarbini. Pemilik usaha memahami tentang manajemen SDM yang baik, maka akan sangat berguna untuk keberlangsungan usaha yang didirikannya untuk lebih maju dan lebih baik lagi. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline