Lihat ke Halaman Asli

NUR SITI ROBIAH

Mahasiswa Pasca Sarjana UIN SGD Bandung

Transformasi Manajemen Kelas Berbasis Akhlak di Era 5.0

Diperbarui: 30 Oktober 2024   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Era Society 5.0

Era Society 5.0 yang berkembang pesat menuntut pendidikan untuk tidak hanya fokus pada penguasaan teknologi, tetapi juga pada pembentukan karakter siswa. Dalam era digital yang serba cepat ini, penting bagi kita untuk memastikan bahwa generasi muda tidak hanya menguasai keterampilan teknis, tetapi juga memiliki akhlak yang kuat. Tantangan pendidikan saat ini adalah mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai kemanusiaan, sehingga siswa dapat berkembang secara optimal.

Peran Manajemen Kelas

Manajemen kelas yang baik dapat menjadi fondasi bagi penanaman nilai akhlak. Dengan pengelolaan yang tepat, guru dapat menciptakan suasana yang kondusif, membangun budaya saling menghormati, dan mengajarkan kedisiplinan. Hal ini tidak hanya membantu siswa dalam mencapai prestasi akademis, tetapi juga membekali mereka dengan karakter yang kokoh. Melalui manajemen kelas berbasis akhlak, siswa akan belajar untuk menggunakan teknologi secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Strategi Manajemen Kelas Berbasis Akhlak

Untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, guru perlu menerapkan pendekatan manajemen kelas yang berfokus pada nilai akhlak. Ini termasuk pengaturan aturan kelas yang melibatkan partisipasi siswa, serta menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai akhlak. Dengan menerapkan aktivitas kolaboratif, siswa dapat belajar untuk saling mendukung dan menghargai satu sama lain.

Peran Guru sebagai Model

Guru berperan sebagai teladan dalam menerapkan nilai-nilai akhlak di kelas. Ketika guru menunjukkan integritas, kejujuran, dan rasa hormat, siswa cenderung meniru perilaku tersebut. Guru perlu menciptakan suasana yang adil dan kolaboratif, memahami kebutuhan emosional siswa, serta menerapkan strategi yang mendukung perkembangan karakter siswa. Hal ini akan memperkuat pembelajaran moral di kalangan siswa.

Tantangan Implementasi

Implementasi manajemen kelas berbasis akhlak di era 5.0 tidak tanpa tantangan. Ketergantungan pada teknologi dapat mengalihkan perhatian siswa dari nilai-nilai akhlak. Selain itu, perubahan nilai sosial akibat pengaruh media sosial juga mempengaruhi akhlak siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang inovatif untuk mengintegrasikan teknologi dengan pendidikan karakter.

Rekomendasi

Untuk mengoptimalkan manajemen kelas berbasis akhlak, penting untuk menerapkan kebijakan etika dalam penggunaan teknologi di kelas. Hal ini tidak hanya membimbing siswa untuk menggunakan teknologi secara bertanggung jawab, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih produktif. Kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat juga sangat penting untuk memperkuat nilai-nilai yang diajarkan di sekolah.

Kesimpulan

Manajemen kelas berbasis akhlak di era Society 5.0 sangat penting untuk mempersiapkan generasi yang tidak hanya cerdas dalam teknologi, tetapi juga memiliki karakter yang kuat. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai akhlak dalam setiap aspek pengelolaan kelas, pendidikan diharapkan dapat menghasilkan individu yang mampu bersaing dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Kita perlu melibatkan semua pihak dalam pendidikan karakter untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan nilai-nilai moral.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline