Lihat ke Halaman Asli

Nur Shinta

Mahasiswa

Strategi untuk Kepemimpinan di Era Dinamis

Diperbarui: 7 Juli 2024   16:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dibuat oleh:

Siti Rahmayanti (112210130)

Nur Shinta (112210428)

Nunung Nurjanah (112210377)

Desi Ratna (112210876)

Ahmad Fauzi (112211006)

Akbar Rafli (112210940)

Pendahuluan

Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan dinamis, manajemen manajerial sangat penting untuk keberhasilan perusahaan. Tidak hanya mengelola proses dan sumber daya, tetapi juga mengantisipasi perubahan, membuat strategi kreatif, dan mendorong tim untuk mencapai tujuan jangka panjang. Dalam artikel ini, kami akan memeriksa konsep manajemen manajerial, keterampilan kritis, dan strategi kepemimpinan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di era kontemporer.

Konsep Dasar dan Kerangka Teori Manajemen Manajerial

Konsep dasar dan kerangka manajemen manajerial yaitu bentuk tata kelola sebuah perusahaan, sehingga segala jenis aktivitasnya bisa terkontrol dengan cukup baik. Dalam hal ini, seorang manager dituntut untuk bisa menguasai konsep perencanaan yang baik, Adapun konsep yang harus dikuasai yaitu:

  • Teori Kontingensi: Terima fakta bahwa tidak ada satu cara terbaik untuk mengelola perusahaan. Metode manajemen harus disesuaikan dengan situasi dan konteks tertentu, seperti budaya organisasi, lingkungan eksternal, dan karakteristik tim.
  • Manajemen Strategis: Untuk mencapai tujuan dalam jangka panjang, strategi lintas harus dirancang, diterapkan, dan dievaluasi. Untuk menentukan posisi kompetitif, analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) dan model lima kekuatan Porter disertakan.
  • Teori Sistem: melihat organisasi sebagai sistem yang berinteraksi dengan lingkungannya. Metode ini menekankan bahwa sinergi antara berbagai bagian organisasi sangat penting untuk mencapai efektivitas keseluruhan.
  • Teori Kepemimpinan Transformasional: Kepemimpinan transformasional berfokus untuk menginspirasi dan memotivasi karyawannya, dan untuk mewujudkannya kita harus mempunyai daya tarik, inspirasi, dan perhatian pribadi untuk mendorong karyawan untuk memaksimalkan potensi mereka.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline