Lihat ke Halaman Asli

Nursini Rais

TERVERIFIKASI

Lahir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tahun 1954.

Ini Dia! Cara "Gila" Meraih Jabatan, Haramkah?

Diperbarui: 22 Januari 2020   19:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber ilustrasi: httpradarkaltim.prokal.co

Ingin naik jabatan ke posisi yang lebih tinggi, bukanlah sesuatu yang haram dalam berkarier. Seorang guru ingin menjadi Kepala Sekolah. Kepala sekolah berminat menjadi pengawas dan seterusnya.

Hal ini  syah-syah saja. Terlebih jika pribadi yang bersangkutan merasa pantas untuk menduduki jabatan yang dia incar. Ini demi harga diri.  

Hal serupa berlaku untuk semua pegawai/karyawan. Baik di instansi pemerintah maupun swasta. 

Namun untuk menggapainya tidak semudah membalik telapak tangan. Tidak cukup mengandalkan kecerdasan intelektual, etos kerja dan pengalaman saja.   Lebih penting  dari yang terpenting adalah cerdas dalam lobi-melobi.

Diakui atau tidak. Praktik lobi-melobi dalam meraih dan mempertahankan  jabatan  marak terjadi di tengah masyarakat semenjak diberlakukan Undang Undang Nomor : 32 Tahun 2004, Tentang Pemerintahan Daerah. Apa yang dilakukan pemerintah daerah, sesuai dengan selera pemerintah daerahnya. Termasuk dalam mengangkat dan memberhentikan pejabat di bawahnya yang terkesan seenak perut.  Puncaknya, sebelum dan pasca pilkada.

Karena pernah bekerja sebagai guru, saya kemukakan contoh sejumlah kasus yang pernah  dialami oleh beberapa guru. Khusus di daerah saya, ada oknum guru (meski tidak banyak), yang kemampuan intelektualnya minim,  etos kerjanya memprihatin, sering bolos meninggalkan tugas. Malah dia yang diangkat jadi Kepala Sekolah.

Sebaliknya, banyak guru yang pintar, semangat kerjanya tinggi, rajin membantu tugas Kepala Sekolah, sampai memutih uban di kepala tetap menjadi guru biasa.

Ini fakta yang tak bisa dibantah. Kalau kurang arif menyikapi perkembangan zaman, seseorang harus  rela ditinggal kereta.  Kesuksesan dalam berkarier digenggam oleh orang yang sigap tanggap dan cepat beradaptasi. Hampir dipastikan tiada jabatan diperoleh tanpa perjuangan yang disertai lobi.

Taufik bukan nama sebenarnya. Seorang guru Matematika di sebuah SMP di kota S. Dari SD sampai kuliah dia terkenal pintar. Sudah  mengantongi Sertifikat lulus test kepala sekolah.  Masa dinas lebih dari cukup, pendidikan dan golongan di atas persyaratan.  

Bertahun-tahun dia ditunjuk menjadi Wakil Kepala Sekolah. Di pundaknyalah terletak kesuksesan gawean kepala Sekolah. Baik menyangkut  administrasi maupun nonadministratif.

Entah berapa kali SMP tersebut gonta ganti  pimpinan.  Pria pernah,  wanita pun pernah.  Ada yang berusia  di atas dia,  seumuran, hingga jauh lebih muda daripada dirinya.  Pak Taufik tetap diminta mendamingi  sang bos.  Tetapi lagi-lagi sebatas menduduki kursi wakil Kepsek. Sampai tugasnya purna pun, dia masih jadi wakil.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline