Lihat ke Halaman Asli

Nur ShakilaAmanda

pendidikan matematika

Penggunaan Sistem Operasi Komputer terhadap Strategi Pembelajaran Matematika Komputasi

Diperbarui: 8 Juli 2022   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PENDAHULUAN

Komputasi merupakan sebuah kata atau istilah universal dari segala jenis pemrosesan suatu informasi untuk menemukan pemecahan suatu masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi juga merupakan cabang dari komputer dan matematuika.

Pada dasarnya komputasi juga hampir sama dengan komputer, di mana sama-sama mempelajari bagaimana suatu proses dalam menginput suatu data yang akan kita peroleh nantinya. Begitu pun dengan adanya materi pelajaran atau Matematika yang semua materinya harus menggunakan suatu cara agar pemecahan masalah dapat dihasilkan dengan baik dan harus dilakukan menggunakan sebuah cara untuk menemukan suatu masalah yang sedang dicari.

Secara umum, komputasi merupakan cabang ilmu yang lebih memperhatikan bagaimana proses sebuah model matematika dan menyelesaiakan penyusunan masalah dengan menggunakan komputer. 

Tetapi banyak juga yang biasanya menggunakan komputasi ataupun komputer untuk menyelesaikan pada cabang-cabang lain seperti fisika, yang sangat banyak menggunakan komputasi bahkan adapun materi yang bernama “Fisika Komputasi”, biologi dan berbagai mata pelajaran yang menggunakan perhitungan serta dalam materi mengungkap pemecahan suatu masalah yang telah ditentukan.

Bidang ini berbeda dengan bidang ilmu komputer, di mana ilmu komputer lebih banyak mengkaji tentang suatu operasi perangkat lunak ataupun keras dari komputer, bagaimana proses bekerjanya suatu perangkat yang ada dalam komputer ataupun mempelajari tentang menggunakan sistem-sistem yang telah ada dalam komputer. 

Tetapi dalam ilmu komputeasi lebih menekankan bahwa bagaimana cara menentukan proses, model-model baru ataupun prinsip-prinsip ilmu mendasar dalam bidang keilmuan.

Ilmu atau sains berdasarkan kajiannya digolongkan kepada ilmu biologi,fisika, kimia dan geologi. Di mana komputasi dapat dijadikan sebuah jalan atau metode yang akan dipergunakan dalam pemecahan masalah dari ilmu-ilmu tersebut.

 Apalagi untuk matematika, walaupun tidak terdapat dalam ilmu atau sains, tetapi matematika merupakan suatu pelajaran yang sangat penting untuk dijadikan pembelajaran untuk mencapai ilmu yang sangat bermanfaat. Matematika juga sebenarnya sangat bergantung pada komputasi yang merupakan alat untuk membuat angka-angka ataupun data yang telah dicapai dengan sebuah matematika.

KAJIAN LITERATUR

Pengertian Komputasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline