Lihat ke Halaman Asli

Nur Shabrina

Belajar menuangkan buah pikiran

Bagaimana Penerapan POAC pada Masa Pandemi?

Diperbarui: 13 Juli 2021   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pandemi Covid-19 telah melanda hingga lebih dari satu tahun lamanya, memberikan dampak yang luar biasa bagi dunia bisnis dan perekonomian. Pemerintah dengan segala cara berusaha yang terbaik untuk mengurangi dampak pandemi covid-19 dengan cara menerapkan pembatasan-pembatasan, pengurangan mobilisasi, dan kegiatan berkerumun.

Namun demikian, tidak dapat dipungkiri wabah virus corona ini tetap menyebar dan menjangkiti setiap orang. Kita dapat merasakan bahwa semakin kesini semakin banyak orang-orang terdekat kita menderita penyakit covid-19 yang ditandai dengan gejala-gejala penyakit covid-19 serta hasil tes swat PCR yang positif.

Terlepas dari banyaknya jumlah angka kematian, penulis disini berfokus kepada jumlah karyawan yang harus bekerja dari rumah dikarenakan terjangkit virus corona. Bagaimana penerapan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling ketika seseorang level managerial harus bekerja dari rumah ? Tentunya ada hal-hal yang membatasi kebebasan mereka dalam melaksanakan kegiatan, tugas dan tanggung jawabnya.

Hal tersebut adalah kebebasan ruang dan komunikasi yang terbatas. Dimana, seorang manager yang biasanya melaksanakan rapat koordinasi dengan manager-manager lain atau dengan atasannya namun saat ini tidak dapat dengan leluasa bertemu dalam satu ruangan untuk menyampaikan laporan dan pendapatnya secara bebas. Seseorang manager yang terbiasa biasa memanggil bawahannya untuk menginstruksikan pekerjaannya secara angsung namun saat ini tidak dapat dengan bebas setiap saat melakukan hal tersebut. Serta, kebiasaan mengawasi pekerjaan bawahan secara langsung juga menjadi berubah.

Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu hal yang dibutuhkan saat ini merupakan suatu sistem yang memungkinkan pelaku bisnis, manajer dan setingkatnya menjalankan usahanya dan pekerjaannya meskipun dari jarak jauh. Sistem Informasi Manajemen memang masih luas pengertian dan cakupannya, salah satunya penggunaan teknologi komunikasi baik audio maupun visual. Pemanfaatan teknologi CCTV, aplikasi Zoom atau Google meet, serta remote desktop komputer sangat berguna dan perlu dikuasai oleh level manager untuk tetap memantau pekerjaan dari jarak jauh. Sehingga tugas-tugas tetap terselesaikan dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline