Lihat ke Halaman Asli

Ibnu Mudhir

Pejabat Imigrasi

Ikan Belida, Keunikan Indonesia dalam Paspor

Diperbarui: 28 Mei 2024   22:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Ikan Belida dalam Paspor Saya

Ikan Belida dipromosikan ke dunia internasional melalui paspor Indonesia, itu pendapat saya. Gambar ikan Belida berada di halaman 45 pada paspor saya. Papsor saya telah habis masa berlakunya tahun 2021. Saya membuat paspor yang terdapat gambar ikan Belida pada tahun 2016. Pada halaman 45 paspor saya, di atas gambar ikan Belida terdapat tulisan VISAS dan gambar burung Garuda Pancasila.

Ikan Belida ialah Keunikan Indonesia

Ikan Belida di Indonesia termasuk dalam spesies chitala lopis sebagaimana diungkapkan para ahli. Ikan Belida Chitala lopis sempat dinyatakan punah pada tahun 2020. 

Ikan Belida ditemukan kembali melalui koleksi yang dikumpulkan sejak November 2015 sampai September 2023. Ikan Belida dikumpulkan dari 34 lokasi di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Penemuan ini memperjelas sebaran ikan Belida dan status taksonomi di Indonesia (cnnindonesia.com ).

Ikan Belida ialah ikan air tawar endemik Indonesia. Ikan Belida bisa dijumpai di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. 

Ikan Belida mulai menurun keberadaannya karena kualitas air sungai yang buruk akibat pencemaran. Juga akibat penangkapan yang berlebihan untuk digunakan sebagai bahan makanan dan sebagai ikan hias (econusa.id ).

Ikan Belida dijadikan ikan hias karena tampilannya yang memikat. Ikan Belida mempunyai tubuh yang panjang menyerupai pisau. Oleh karena itu ikan Belida disebut jugan knife fish atau ikan pisau (kompas.com).

Bangga terhadap paspor Indonesia

Saya bangga bisa memiliki paspor Indonesia bergambar ikan Belida. Walaupun paspor tersebut tidak pernah saya digunakan ke luar negeri. Paspor Indonesia tergolong 10 (sepuluh) paspor terindah di dunia menambah rasa bangga saya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline