Lihat ke Halaman Asli

Nursepta Saragih

Hidupilah hidupmu!

Langkah Awal Menjadi Konten Kreator

Diperbarui: 10 Mei 2023   18:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Pernahkah Anda berpikir menjadi seorang konten kreator di era teknologi informasi seperti sekarang? Atau jangan-jangan sahabat pembaca adalah seorang konten kreator yang sudah profesional.

Tentunya menjadi konten kreator merupakan pilihan yang menarik dan kreatif. Pasalnya, ada banyak kesempatan yang bisa dinikmati oleh para konten kreator. Misalnya saja, dari sisi penghasilan yang menjanjikan, mendapat berbagai pengalaman, kesempatan menikmati perjalanan, pengembangan diri, dan lain sebagainya.

Selain hal-hal di atas, saat ini ada juga banyak kesempatan mendukung seseorang menjadi seorang konten kreator, seperti banyaknya pilihan platform media sosial tempat untuk mempublikasikan karya. Baik itu karya konten dalam bentuk tulisan, suara, gambar, dan video.

Nah, sekarang tugas kita tinggal memikirkan bagaimana memulai langkah demi langkah menjadi konten kreator, mendisiplinkan diri dan konsisten membuat konten, serta mengembangkan diri untuk menghasilkan karya yang baik dan berkualitas.

Saya pribadi memang bukan konten kreator andal atau profesional. Saya masih pendatang baru di dunia ini, tetapi setidaknya sudah merasakan manfaat dari menjadi konten kreator tersebut di beberapa platform.

Menurut saya, menjadi konten kreator alangkah lebih baiknya terlebih dahulu menetapkan minat. Bukankah minat itu adalah pintu semangat bagi kita untuk memulai sesuatu hal? Oleh karena itu perlu kita kenali minat kita terlebih dahulu di bidang apa. Misalnya, ada yang berminat membuat konten masakan, pendidikan, perjalanan, teknologi, keuangan, budaya, pariwisata, dan seterusnya.

Menentukan platform yang sesuai dengan keinginan atau karakteristik diri. Bahkan bisa juga melihat potensi dan peluang menggunakan platform tersebut.

Selanjutnya, kita bisa juga memutuskan untuk fokus dalam membuat konten tulisan dalam blog, video di youtube, suara melalui podcast yang hanya memproduksi suara saja, atau membuat konten dengan gambar-gambar dengan caption pendukung di instagram.

Dengan memahami hal tersebut, tentu akan menjadi langkah awal kesuksesan.

Tetapi selain apa yang sudah saya sebugtkan di atas, ada baiknya kita juga memutuskan untuk memilih internet yang mumpuni.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline