Lihat ke Halaman Asli

nursarif

Mahasiswa

Aquascape dari Toples Bekas, Murah tapi Berkelas

Diperbarui: 7 Februari 2021   11:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Cirebon (7/2) – Pandemi Covid-19 belum menunjukkan adanya tanda-tanda akan berakhir. Berbagai upaya telah pemerintah lakukan guna “menstimulus” roda ekonomi masyarakat, salah satunya bantuan dana UMKM. Hanya saja, bantuan belum merata ke seluruh UMKM.

Dampak dari pandemi covid-19 yang belum berakhir masih dirasakan oleh berbagai UMKM. salah satunya penjual ikan hias. Melihat hal tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro Periode 2021 melakukan Pendampingan UMKM ikan hias dalam pembuatan Aquascape dari toples plastik bekas.

Aquascape merupakan salah satu seni menghias akuarium yang dibuat dengan mengkombinasikan berbagai tanaman hidup, organisme akuatik (ikan hias, udang, dan sebagainya) serta ornamen – ornamen alam seperti ranting dan batu.

Saat ini, Aquascape sangat populer di berbagai sosial media, terutama di kalangan pecinta ikan hias. Aquascape mulai dikenal oleh masyarakat luas pada tahun 2010 dan terus meningkat hingga sekarang.

Kegiatan pendampingan dilakukan pada (2/2/2021) di tempat penjual ikan hias milik yakub di jalan Sedong Jaya, Desa Tuk, Kedawung, Cirebon. Kegiatan pendampingan dilakukan untuk memberi edukasi tentang komponen-komponen Aquascape, fungsi masing-masing komponen, serta komponen-komponen apa saja yang harus ada atau dihilangkan dari Aquascape. Selain edukasi, dilakukan juga pembuatan Aquascape bersama dengan penjual ikan hias. 

kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inovasi tambahan bagi pemilik usaha ikan hias, sehingga dapat dijadikan pemasukan tambahan dimasa pandemi. 

dokpri

penulis: M.Nursarif (Manajemen Sumberdaya Perairan – Universitas Diponegoro)

Pembina: Dr. Sunarno, S.Si., M.Si

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline