Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Kreativitas Anak, Mahasiswa KKN ITBAD 2024 Kelompok 2 Sajikan Pembaruan Visual Identitas Sekolah dan Pelatihan Warna Siswa/siswi

Diperbarui: 9 Juli 2024   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: Dokumentasi Kegiatan KKN bersama murid UPT SDN Pulo Panjang 2 Serang Banten/dokpri

Tingkatkan Kreativitas Anak dalam Menyajikan Pembaruan Visual Identitas Sekolah dan Pelatihan Warna Bagi Siswa/Siswi SDN 2 Pulopanjang Serang Banten

Disetiap jenjang pendidikan atau sekolah untuk mengenal dan menandai dari mana sekolah itu berasal maka hal pertama yang akan kita lihat adalah identitas yang khas dari setiap sekolah tersebut. Hal itu pula yang terjadi di sekolah UPT SDN Pulo Panjang 2 Serang Banten saat ini. Beberapa tanda visual terlihat kurang menarik dan perlu diperbarui, sehingga dari situlah salah satu alasan kami, kelompok 2 membentuk program pembaruan beberapa tanda visual dan identitas (re-branding) dan memilih SDN 2 ini sebagai targetnya. Hal ini pula didukung oleh dosen pembimbing kami yang lebih dulu mengusulkan pembaharuan infografis dan tanda tanda visual yang berkaitan dengan identitas sekolah tersebut.
Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai apa kenapa dan hasil dari kegiatan KKN kami di UPT SDN Pulo Panjang 2 selama beberapa waktu lalu.

Tujuan Dan Hasil Kegiatan Selama KKN

  • Kelas Pengenalan Warna dan Melukis

Kegiatan pembelajaran ini dilakukan pada tanggal 23 April 2024 yang diikuti oleh murid kelas 4. Sekitar pukul 08.30 sampai 10.00, yang berisi tentang pemaparan materi warna, teknik melukis, dan mewarnai menggunakan kuas dan cat akrilik. Diharapkan pada kegiatan pembelajaran ini para murid kelas 4 dapat memahami teori dasar pada penggunaan warna dan teknik mengoles dengan kuas.

  • Kelas Pembelajaraan Menulis Puisi

Gambar: Dokumentasi Kegiatan KKN bersama murid UPT SDN Pulo Panjang 2 Serang Banten/dokpri

Kegiatan ketiga kami yaitu kelas menulis Puisi yang dilaksanakan pada tanggal 24 April 2024 oleh murid kelas 2, dimana isi dari kelas ini yaitu pemaparan materi tentang puisi dan pemberian contoh cara menulis dan membaca Puisi kemudian anak-anak mulai mengikuti, hasil terbaik akan dipilih menjadi konten mading sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat para murid memahami pengertian dan beberapa unsur dari puisi yang dapat digunakan saat lomba antar sekolah nanti.

  • Game Ice Breaking

Kegiatan keempat kami yaitu Fun actifity berupa game ice breaking yang dilaksanakan pada tanggal 25 April 2024 oleh murid kelas 1, dimana isi dari kelas ini mengajarkan anak untuk fokus dalam mendengarkan intruksi dari guru yang ada didepan. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan fokus pada anak walau didasari dengan candaan juga meningkatkan minat anak dalam berkompetisi karena pada kegiatan ini kami memberikan hadiah pada anak yang paling fokus dalam bermain game tersebut.

  • Kegiatan Pohon Cap Tangan

Kegiatan kelima kami yaitu kegiatan pohon cap tangan yang dilaksanakan pada tanggal 25 April 2024 oleh murid kelas 3, yang bertujuan untuk memberikan kesan kreatifitas sekaligus membangun rasa solidaritas dan kebersamaan terhadap satu sama lain.

  • Kegiatan Pembuatan Pohon Cita-cita

Kegiatan keenam kami yaitu kegiatan pembuatan pohon cita-cita yang dilaksanakan pada tanggal 26 April 2024 oleh murid kelas 6, kegiatan ini berisi tentang penulisan cita-cita para selembar kertas yang akan disatukan yang bermaksud untuk membuat anak yakin mempunyai keinginan mewujudkannya, bertujuan untuk memberikan kepercayaan diri dalam mewujudkan mimpi mereka.

  • Pembaharuan Majalah Dinding Sekolah

Kegiatan ini menjadi hasil akhir dari beberapa kelas yang telah mengikuti rangkaian kegiatan kkn kami seperti melukis, kaligrafi, dan puisi dengan hasil terbaik. Ini dijadikan konten pada majalah dinding sekolahnya kemudian dilengkapi dengan stiker yang kami buat untuk mempercantiknya.

  • Pembaharuan Visual Sign System dan Infografis Sekola

Dilihat dari tampilan sign system yang digunakan pada UPT SDN PULO PANJANG 2 ini kami sebagai anak desain menjadikan program ini sebagai program utama kami. Program ini bertujuan untuk menunjukan fungsi dari penggunaan desain pada prasarana dengan benar. Kegiatan ini meliputi pembaharuan:

1). Desain Nama Ruangan di setiap sekolah

2). Sign System

3). Desain Infografis pada sekolah

4). Papan hiasan Asmaul Husna di pilar pilar koridor sekolah

  • Pembuatan Logo Estrakurikuler dan Perpustakaan

Kegiatan ini adalah permintaan dari dosen pembimbing kami Bapak Adi yang melihat kendala pada kedua logo tersebut. Oleh karna itu kami bermaksud memperbaharui atas seizin bapak adi berupa 2 desain logo yaitu Logo Takraw dan Perpustakaan UPT SDN PULO PANJANG 2 berupa soft file.


Kesimpulan

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah terprogramkan bisa berjalan sesuai dengan program yang telah direncanakan meskipun terdapat perubahan dan tambahan dari beberapa program kerja yang kami sesuaikan dengan permintaan pihak sekolah. Dengan demikian, program KKN ini bertujuan untuk memperkuat identitas sekolah dan meningkatkan kreativitas serta minat bakat anak murid di sekolah ini. Upaya ini dilakukan dengan harapan dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan pendidikan dan potensi siswa secara keseluruhan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline