Lihat ke Halaman Asli

Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, penulis

Selamat Jalan Ki Seno Nugroho

Diperbarui: 4 November 2020   06:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ki Seno Nugroho (sumber: tribunjogja.com)

Pada hari Selasa tanggal 3 November 2020 sekitar pukul 22.30, dalang kenamaan asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho menghembuskan nafasnya yang terakhir di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman. Ki Seno Nugroho wafat pada usia 48 tahun. Dilansir dari sirus web timlo.net, Ki Seno Nugroho wafat karena serangan jantung secara mendadak.

Ki Seno Nugroho adalah putra dari seorang dalang legendaris, Ki Suparman Cermowiyoto. Dia pertama kali belajar memainkan wayang pada saat dia bersekolah di SMKI Yogyakarta. 

Dalang kelahiran Yogyakarta, 23 Agustus 1972 ini tidak hanya dikenal di lingkungan Yogyakarta saja, tetapi dia juga dikenal di mancanegara seperti Belanda dan Belgia.

Saya mengenal sosok Ki Seno Nugroho ini dari seorang pedagang angkringan di Bantul yang bernama Pak Tarjo karena kebetulan beliau juga menjadi pemain musik setiap Ki Seno Nugroho mendalang. 

Bahkan, beberapa hari sebelum Ki Seno mendalang, beliau selalu memberitahukan kepada saya jika besok angkringannya tutup karena Ki Seno Nugroho mendalang. 

Saya juga pernah sesekali menonton pementasan wayang beliau di YouTube. Wayang yang ditampilkannya pun ada sedikit kesan horornya karena ada wayang yang menyerupai bentuk pocong dalam cerita pewayangannya. Bukannya membuat orang-orang yang menontonnya takut, tetapi malah membuat orang-orang yang menontonnya pun tertawa.

Itulah sedikit yang saya tahu tentang almarhum Ki Seno Nugroho. Selamat jalan Ki Seno Nugroho. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, dan karyamu akan selalu dikenang oleh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan Indonesia. Amin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline