Lihat ke Halaman Asli

NURMUIDA SARI NASUTION

Mahasiswa S1 UIN Jakarta

Pentingnya Pendidikan bagi Anak Desa dan Tempat Terpencil

Diperbarui: 20 Desember 2022   13:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI ANAK DI DESA DAN TEMPAT TERPENCIL

 NURMUIDA SARI NASUTION 

BAB I

PENDAHULUAN 

LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia. Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai tonngak utama dalam menentukan perubahan sosial, perubahan kearah kemajuan dan kesejahteraan hidup yang bermutu. Terciptanya generasi bangsa yang sempurna sehingga terwujudnya masyarakat yang damai, demokratis, berkeadilan, maju, dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam menghadapi perkembangan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni serta menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang sempurna. Maka pemerintah berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui pendidikan. Untuk mecapai tujuan tersebut pemerintah sudah berusaha untuk memaksimalkan dalam membenahi dalam segala hal, baik dari segi kualitas maupun kuantitas di bidang pendidikan. 

Pemerintah Bangsa Indonesia tidak henti-hentinya melakukan pembangunan di segala bidang kehidupan, baik pembangunan material maupun spritual termasuk di dalamnya sumber daya manusia (SDM). Salah satunya adalah pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia dibidang pendidikan.

Namun peran pemerintah bangsa Indonesia dalam pembangunan pendidikan di desa dan  di tempat terpencil sampai sekarang ini masih minim. Kurangnya pemerataan pelayanan pemerintah dalam pendidikan, masih ada pembedaan antara pendidikan dikota  dengan pendidikan di desa dan tempat terpencil. Padahal sesuai dengan bunyi  UUD 1945 pasal 31 ayat 1 ''setiap warga negara berhak mendapat pendidikan". Hal ini adanya kesempatan setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan, artinya adanya kewajiban pemerintah negara untuk memberikan pemerataan pendidikan tanpa adanya pembedaan antara pendidikan dikota dengan pendidikan di desa dan tempat terpencil. 

BAB II

PEMBAHASAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline