Lihat ke Halaman Asli

Trapesium Usia, Refleksi, Nilai dan Peran Guru Penggerak (1.2.a.3 .Mulai dari Diri, Modul 1.2)

Diperbarui: 2 September 2023   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tugas 1. Refleksi

1.Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?

POSITIF : PADA UMUR 11 SAYA TERPILIH UNTUK IKUT MEWAKILI SEKOLAH IKUT CERDAS CERMAT  IPA

NEGATIF : PADA USIA 12 TAHUN SAYA SANGAT KECEWA KETIKA KEINGINAN SAYA MASUK SEKOLAH SMP YANG SANGAT SAYA IDAM IDAMKAN GAGAL

2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?

Positif: WALI KELAS pada saat itu memilih lima perwakilan sekolah untuk mengikuti seleksi cerdas cermat walaupun tidak dapat juara tapi saya merasa bahagia. TEMAN SEBAYA kita berlima saling mendukung ,sama sama belajar.

Negatif: ORANG TUA ( IBU) ikut bersedih saat saya tidak bias sekolah di SMP yang saya suka ,karena beliaulah yang menemani dan mengantarkan saya untuk mendaftar ,saat menangis pun beliaulah yang menguatkan saya.

3. Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarangang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)

Positif: merasa optimis ( bisa menang), antisipasi ( terus berusaha dan belajar)

Negatif: sedih, kecewa (sangat sedih sekali ), benci, marah( teman lain yang nilainya sama bias lolos)

4. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline