Lihat ke Halaman Asli

Metode Mengatasi Rendahnya Maharoh Kalam dalam Materi Bahasa Arab

Diperbarui: 29 Februari 2024   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Nur Maulida Faza

Pendidikan Bahasa Arab sudah di mulai sejak sekolah tingkat dasar (madrasah ibtidaiyah). Pendidikan itu dianjurkan di sekolah menengah tingkat pertama (madrasah tsanawiyah) kemudian di tingkat atas.  

Aktivitas pembelajaran berjalan biasa-biasa saja. Kalau ada masalah pada tingkat ini tidak begitu mendapat perhatian, karena segera dimaklumi bahwa pelajaran bahasa Arab kurang diminati oleh anak-anak kalangan muda.

Pada kenyataanya masalah atau kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab sampai sekarang ini masih banyak terjadi dikalangan lembaga pendidikan. Seperti halnya masalah yang terjadi di pendidikan formal baik wustho maupun ulya yang setara dengan madrasah tsanawiyah atau aliyah. 

Hal itu telah direspon dari para pengajar yang merasakan langsung masalah-masalah dalam pendidikan bahasa Arab di tingkat ini. Masalah tersebut tidak lagi bisa disebut sebagai masalah yang dimaklumi begitu saja seperti di tingkat atas (aliyah). Untuk itu dari masalah-masalah yang ada akan mendapat perhatian serius. Yang dimkasud dari masalah-masalah tersebut salah satunya adalah rendahnya maharoh kalam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline