Lihat ke Halaman Asli

Satelit Telkom 3S Solusi Industri Kreatif dalam Membangun Negeri

Diperbarui: 16 Februari 2017   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi di era globalisasi merupakan sarana bagi suatu negara dalam membangun industri kreatifnya, tak terkecuali Indonesia. Di pungkiri atau tidak, industri kreatif yang merupakan hasil dari pemanfaatan kreativitas dan keterampilan serta daya cipta dari setiap individunya. Jelas, membutuhkan wadah guna memaksimalkan industri kreatif yang siap bersaing dan tahan banting dalam menyongsong pasar dunia.

Berkaca dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang dan Eropa. Industri kreatif adalah salah satu penyumbang pendapatan negara yang sangat luar biasa. Sehingga memanfaatkan teknologi begitu penting pada masa sekarang ini. Interaksi digital yang berteknologi akan mempermudah komunikasi antar manusia lewat jaringan digital seperti alat-alat elektronik,media sosial, media massa, serta teknologi yang sedang berkembang saat ini, internet.

agribisnis.co.id

Di Indonesia sendiri, industri kreatif atau yang biasa disebut ekonomi kreatif sudah banyak mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Mulai dari sektor manufaktur yang meliputi sektor kuliner, pasar seni, industri kerajinan tangan, hingga yang bersifat kontemporer yaitu bidang perfilman, fashion, dan arsitektur mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Bahkan, untuk ekonomi kreatif yang berbasis teknologi belakangan ini paling mendapat perhatian yang luar biasa di Indonesia, yaitu di bidang bisnis jual beli online (e-commerce). Perkembangan bisnis jual beli online di Indonesia akhir-akhir ini memang sedang booming. Anak-anak kreatif Indonesia seakan-akan berlomba dalam menyalurkan ide-ide kreatifnya untuk memanfaatkan teknologi informasi. 

Pemain-pemain seperti Buka Lapak.com, Tokopedia, OLX, Elevenia, dan Lazada. Seakan mendapat angin segar dengan maraknya penggunaan Smartphone di Indonesia, di tambah akses layanan telekomunikasi yang ditawarkan oleh provider-provider seperti PT. Telkom Indonesia memberi kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli online tersebut. Adanya akses internet yang begitu cepat dan terjangkau, jelas memungkinkan para pengguna ponsel di Indonesia bisa membeli produk-produk yang mereka suka hanya dengan melakukan transaksi menggunakan ponsel saja.

Sumber :inovasipintar.com

Era globalisasi yang dipicu oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang terus mengalami perkembangan yang sangat menjanjikan bagi Indonesia. Lihat saja, dengan semakin banyaknya industri kreatif yang bermunculan dengan menawarkan produk-produk dan jasa dipasarkan secara online. Ini membuktikan bahwa orang-orang Indonesia telah sadar dan mengerti akan pentingnya manfaat teknologi di era globalisasi. Misalnya, di bidang transportasi di Indonesia sendiri telah banyak didominasi oleh kehadiran aplikasi-aplikasi pemesanan kendaraan, mulai dari Uber, Gojek, sampai Grab. Bahkan, untuk industri jasa travel mereka juga tidak mau dianak tiri, mereka mulai melakukan transaksi berbasis online dan teknologi.

Hal ini tentu akan menjadi kabar yang menggembirakan, apabila kebutuhan akan akses layanan telekomunikasi yang memang memiliki peranan yang sangat penting guna sebagai sarana pendukung perkembangan dan kesuksesan industri kreatif di Indonesia benar-benar terwujud.

Namun, kenyataannya letak geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan pegunungan, jika hanya mengandalkan sistem pemancar dan teknologi kabel serat optik akan kesulitan untuk menjangkau daerah-daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia.

Maka, sistem komunikasi berbasis satelit-lah yang tentu saja bisa menjadi solusi dan opsi terbaik guna mengoptimalkan kinerja akses layanan telekomunikasi di Indonesia.

PT. Telkom Indonesia yang hadir dengan misinya “Jelajah Angkasa” ini memang memberi bukti bukan janji bahwa mereka (PT. Telkom Indonesia) benar-benar cinta Indonesia. Dengan melakukan terobosan nyata, sebagai wujud komitmennya tanggal 15 Februari 2017 PT. Telkom Indonesia telah berhasil meluncurkan satelit komunikasi baru yang diberi nama Satelit Telkom 3S, langsung dari Guiana Space Center Kourou, Guyana Perancis.

Sumber : infoastronomy.org

Harapannya, dengan adanya Satelit Telkom 3S dapat meningkatkan akses dan kualitas layanan sistem komunikasi yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, keberadaan Satelit Telkom 3S yang masa aktifnya sampai 15 tahun ini juga diharapkan mampu membantu mengurangi kesenjangan akses informasi dan internet terutama untuk daerah-daerah terdepan, terluar, dan tertinggal di Indonesia. Sehingga apa yang telah di lakukan pemerintah Indonesia dalam hal ini melalui PT Telkom Indonesia terkait peluncuran Satelit Telkom 3S bisa menjadi solusi munculnya industri-industri kreatif yang berdedikasi dalam membangun negeri dan mampu menopang perekonomian Indonesia lebih baik lagi.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline