Lihat ke Halaman Asli

Tak Melulu Uang, Ide Pengganti Uang THR di Hari Raya

Diperbarui: 28 April 2023   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : celebrities.id

Tak terasa bulan ramadhan telah berlalu, siapa nih yang tahun ini puasannya penuh? Setelah bulan ramadhan ini tentulah kita harus memperbanyak ibadah kita, jangan sampai di hari hari berikutnya kualitas ibadah kita malah menurun.

Sebagian daerah merayakan lebaran dengan menghias rumah ataupun daerah tempat tinggal mereka. Pasar pasar raya pun terlihat ramai pembeli yang ingin membeli perlengkapan lebaran seperti baju lebaran, alat shalat, dan juga makanan ringan seperti kue kue lebaran untuk suguhan.

Lebaran Idul Fitri merupakan ajang bagi umat muslim untuk saling bersilahturahmi dan bermaaf maafan. Bagi Indonesia, lebaran identik dengan kegiatan mudik, orang orang yang merantau akan pulang kembali ke daerah asalnya untuk bertemu dan berkumpul dengan orang orang tersayangnya.

Momen ini mungkin momen yang hanya terjadi sekali dalam setahun bagi orang orang yang tinggal jauh dari daerah asalnya. Maka dari itu momen ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk melepas kerinduan bersama keluarga. Hal yang dirindukan saat kumpul keluarga yaitu canda gurau antar sanak keluarga dan saling bertukar cerita, selain itu menikmati makanan khas lebaran juga merupakan hal yang utama ketika lebaran. Beraneka ragam makanan khas lebaran yang dihidangkan tiap keluarga sebagai ciri khas mereka, seperti halnya ketupat, opor, balado kentang, sate, rendang, dan masih banyak lainnya.

Saat kumpul keluarga tak ketinggalan ada sebuah tradisi yang sering dilakukan dan harus dipersiapkan, apalagi kalau bukan berbagi THR. Tunjangan Hari Raya yang sering kita sebut THR termasuk salah satu hal yang dinanti nantikan saat lebaran.

Tradisi membagi THR ini sering dilakukan oleh orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda. THR kerap diartikan sebagai pembagian uang di hari raya, lalu bagaimana dengan yang belum bekerja dan masih sekolah atau kuliah?

Jangan khawatir THR tidak melulu dengan uang kok, bagi yang masih berkuliah dan belum berpenghasilan bisa menggantinya dengan barang berguna yang tergolong lebih murah dan worth it. Apa aja sih pengganti uang untuk THR, berikut rekomendasi yang bisa kamu pilih sesuai budget.

  • Makanan Ringan

Siapa sih yang nggak suka dengan jajanan? Apalagi anak kecil sudah pasti suka dengan hal ini. Makanan ringan bisa menjadi pengganti THR yang paling mudah dicari dan harganya terjangkau.

Berbagai jenis permen dan coklat bisa menjadi saran makanan ringan untuk adik atau keponakan, ditambah lagi pengemasan yang menarik juga dapat menambah daya tarik dari hadiah pengganti THR milik kalian.

  • Stationery Kit

Pengganti THR berikut ini juga sangat cocok untuk kalian yang memiliki keponakan atau adik yang memasuki usia sekolah. Selain mudah didapatkan alat tulis juga barang yang berguna dan bermanfaat bagi mereka.

Alat tulis yang bisa dipilih seperti halnya pensil, bolpoin, buku tulis, pembatas warna warni, rautan, penghapus, dan masih banyak lainnya. Pemilihan motif dan warna yang menarik juga dapat menambah semangat anak anak belajar lebih giat lagi.

  • Celengan

Setelah mendapat uang THR kebanyakan anak kecil pasti akan cepat menghabiskannya bukan. Nah celengan dapat menjadi ide yang menarik untuk diberikan kepada adik dan keponakan.

Celengan dapat digunakan untuk melatih mereka membiasakan diri untuk menabung. Orang tua anak anak juga pasti akan merasa senang karena merasa terbantu untuk mengajarkan anak menabung sejak dini.

  • Kerudung atau Peci

Jika kalian memiliki uang saku atau tabungan lebih, kalian bisa mengganti uang THR dengan membelikkan peci ataupun kerudung untuk keponakan dan adik kalian. Dengan memberikan mereka hadiah itu akan melatih anak anak untuk berpakaian secara islami sejak dini.

Selain kerudung dan peci kalian juga bisa membelikkan sarung dan mukena untuk saudara tercinta, hadiah ini akan bermanfaat kedepannya untuk beribadah.

  • Mainan

Terakhir, pengganti THR dapat berbentuk mainan. Sebagai reward atau apresiasi bagi adik ataupun keponakan yang sudah melaksanakan puasa selama satu bulan penuh kita dapat memberikan hadiah berupa mainan.

Mainan yang diberikan juga dapat disesuaikan dengan uang saku kita. Mainan juga disesuaikan dengan jenis kelamin keponakan kita seperti halnya mobil mobilan, boneka, robot, puzzle, dan yang lainnya.

Berikut tadi ialah ide pengganti THR yang bisa kalian berikan kepada saudara saudara kalian. Jadi THR tidak hanya melulu memberikan uang, namun dapat digantikan dengan barang-barang lainnya yang mungkin lebih bermanfaat dan sesuai dengan budget kita. Jadi nggak ada alasan lagi untuk tidak memberi THR kepada orang orang tercinta kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline