Lihat ke Halaman Asli

belajar berinternet

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Munculnya internet sebagai bagian dari pembelajaran merupakan hal yang amat wajar mengingat begitu banyak manfaat yang kita ambil dengan internet. Namun, sebalikanya bagi anak didik kita, manfaat positif ini bias menjadi bumerang yang menyerang balik untuk membunuh karakter pelajar kita kalo kita lengah dalam mengarahkan mereka.

Sebagai pendidik bagaimana kita bias mengarahkan mereka kalo kita sendiri kebingungan apa sesungguhanya dia berwujud… hehehe. Dalam artian, kalo kita tidak mengenalnya lebih dulu dan lebih banyak dari siswa kita sertaapa yang bisa kita manfaatkan dengan internet, maka kemungkinan salah mengarahkan siswa akan bisa dihindari.

Internet yang sudah bisa dinikmati di hamper seluruh pelosok negeri ini, amat sangat disayangkan jika hanya dipakai untuk berkeluh kesah di facebook atau ditwitter atau hanya untuk mengakses sesuatu yang gak bener.

P4tk yang memberikan materi internet dalam salah satu sesi diklat online ternyata sangat membantu. Selain memberikan materi pemanfaatan internet sebagai sumber referensi karya tulis ilmiah, Diklat juga menyajikan materi tentang penyimpanan dengan menggunakan internet.

Kalo sebelumnya, yang saya tahu hanya facebookan (karena ngikuti tren anak-anak) dan googling saja, ternyata ada fasilitas yang baru bagi saya yaitu menyimpan file secara maya atau yang disebut sebagai penyimpanan cloud. Penyimpanan jenis ini berarti penyimpanan file dengan menggunakan internet. Keuntungannya adalah kita bisa mengambil kapan dan dimana saja tanpa membawa file kemana-mana, asalkan ada koneksi internet .Keuntungan lainnya adalah file bisa di bagikan ke orang lain dengan memberi link URL file tersebut.

Beberapa penyedia layanan penyimpanan tersebut antara lain: Dropbox, SMEStorage, Googledrive

Google Code, Skydrive dari Microsoft, 4shared, rapidshare, Mediafire, dan sebagainya.

Untuk bisa menggunakannya beberapa tutorial bisa kita dapatkan dengan mudah dengan searching di google.

Mengetahui salah satu layanan yang bisa di manfaatkan dari internet dari sekian banyak layanan yang belum saya ketahui, tentu merupakan sesuatu yang menarik. Meski belum memanfaatkan saya membaca pengalaman para penggunanya.Seorang guru menceritakan pengalamannya menggunakan penyimpanan cloud ini mengatakan bahwa dengan menggunakan direct link download pada google cloud, siswa file-file materi ajar pada blog guru tersebut.

Wah, memang asyik ya belajar bersama P4tk Matematika. Selamat belajar




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline