Lihat ke Halaman Asli

Peranan Farmasi dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat di Revolusi Industri 4.0

Diperbarui: 7 April 2019   04:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Halo sahabat pena, pada kesempatan kali ini kita akan membahas peran farmasi dalam menjamin kesehatan masyarakat di revolusi industri 4.0 . Sebagai salah satu bidang yang bergerak di bidang kesehatan, tentunya kesehatan masyarakat juga merupakan tanggung jawab dari seorang farmasis yang bekerja sama dengan pelayanan kesehatan lainnya sehingga kerja sama antara satu sama lain tercapai.

Apalagi di masa revolusi industri 4.0 ini yang serba menggunakan teknologi yang canggih, tentunya pelayanan kesehatan masyarakat dituntut dapat meningkat dengan pesat dari sebelumnya. Di masa revolusi industri 4.0 ini, suatu hal lebih mudah dijangkau sehingga diharapkan berdampak pada jaminan kesehatan masyarakat yang meningkat.

Industri pada saat ini semakin maju, mengikuti perkembangan zaman. Hal ini tidak dapat kita abaikan, terlebih saat ini kita telah memasuki revolusi industri 4.0 . Revolusi industri merupakan perubahan yang terjadi secara besar -- besaran yang terjadi dalam industri, yaitu dalam hal memproduksi barang. Perubahan yang terjadi, mempengaruhi bidang lainnya, seperti ekonomi, sosial, dan budaya. Hal ini telah terjadi selama tiga kali, dan saat ini kita telah memasuki masa yang keempat.

Di setiap masa revolusi, maka masalah akan teratasi. Seperti sulitnya, mahalnya biaya yang digunakan dalam produksi serta waktu kita dalam memproduksi, maka hal -- hal tersebut akan teratasi di dalam revolusi, sehingga kelangkaan yang ada tidak lagi menjadi langka pada masa revolusi. Tentu hal ini akan mempengaruhi aspek yang lainnya.

Sebelum adanya revolusi industri 4.0, tentunya sebelumnya telah didahului dengan revolusi industri pertama, kedua, dan ketiga. Pada masa revolusi industri 1.0, ditandai dengan penemuan mesin uap yang lebih efisien dan murah dibandingkan mesin uap yang telah ditemukan sebelumnya.

Pada masa revolusi industri 2.0 ditandai dengan perubahan proses produksi di pabrik, salah satunya pabrik mobil Ford  yang merupakan salah satu pabrik mobil di Amerika Serikat. Pengubahan dalam proses produksi seperti menggunakan mesin yang bertenaga listrik serta pengubahan lainnya yang lebih efektif.

Pada masa revolusi industri 3.0, mulai digunakan komputer dan robot, yakni yang akan mengatur jalannya mesin secara otomatis. Pada masa revolusi industr 3.0 ini, beberaopa tugas manusia dapat digantikan oleh komputer dan robot. Namun, tidak semua tugas manusia dapat digantikan oleh robot dan komputer.

Istilah revolusi industri 4.0 pertama kali diperkenalkan kepada publik tahun 2011 di pameran industri yang dilaksanakan di Jerman, yaitu pameran industri Hannover Messe. Pada masa revolusi industri 4.0 ini, yang terjadi adalah kemajuan dalam produksi yang didasari oleh komputer dan robot. Tentunya akan banyak terjadi kemajuan dalam produksi yang melibatkan teknologi canggih di zaman yang telah maju seperti ini,

Kemajuan yang terjadi pada revolusi industri 4.0 dapat kita lihat dari segi internet. Di zaman sekarang, internet layaknya seperti kebutuhan primer kita, yang dimana saja bisa kita dapatkan. Komputer -- komputer akan tersambung dengan jaringan besar, termasuk komputer -- komputer yang ada di pabrik. Sehingga, apabila terjadi kesalahan pada komputer tersebut, maka pemilik industri tersebut dapat mengetahuinya. Selain itu, desain komputer yang semakin baru serta ukurannya yang semakin diperkecil.

Berkembangnya revolusi industri 4.0 ini disebabkan karena manusia yang semakin terampil dalam mengoperasikan mesin yang canggih dengan lancar. Selain itu, di revolusi industri ini hubungan antara mesin satu yang dengan lainnya terhubung.

Selain itu, masih banyak lagi yang berkembang dalam revolusi industri 4.0 ini, salah satunya adalah sensor yang semakin memudahkan dalam mendapatkan informasi. Kemajuan ini mempengaruhi bidang lain yang juga mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya di bidang farmasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline