PENERAPAN PEMIKIRAN FILSAFAT PRAGMATISME DALAM PENDIDIKAN
Nurlailatul Fadilah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
PENDAHULUAN
Pragmatisme merupakan salah satu aliran filsafat yang muncul di Amerika pada akhir abad XIX M. Aliran filsafat ini sangat berpengaruh bagi kehidupan intelektual Amerika. Bangsa Amerika umumnya menginginkan hasil yang nyata yang mana sesuatu dianggap penting jika memiliki sisi kebermanfaatan bagi manusia.
Pendidikan cenderung diidentikkan dengnan interaksi antar manusia, yaitu antara pendidik dan peserta didik. Pendidikan mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan merupakan harta yang sangat berperan dalam kemajuan dan kualitas suatu bangsa. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan yang baik dan berkualitas bisa dikatakan sebagai upaya pembangunan sumber daya manusia yang lebih unggul.
Seiring berjalannya waktu, aliran filsafat pragmatisme mulai menjalar pada dunia pendidikan. Hal tersebut ditandai dengan upaya penyelarasan antara penjajakan pikiran manusia dengan solusi bersama. Pendidikan pragmatisme memandang bahwa pengetahuan yang benar adalah pengetahuan yang berguna bagi kehidupan individu. Oleh karenanya, pendidikan harus dibuat secara terbuka dan seluwes mungkin sehingga tidak mengengkang kebebasan serta kreatifitas peserta didik.
PEMBAHASAN
Pemikiran Filsafat Pragmatisme