Lihat ke Halaman Asli

Keviralan Latto-latto di Malioboro

Diperbarui: 13 Januari 2023   19:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang mainan latto – latto ini, sejak mainan ini kembali viral seluruh warga Indonesia memainkannya bahkan pemimpin Negara yaitu bapak presiden Joko widodo juka memainkan permainan latto – latto ini. Latto-latto atau clackers ball merupakan permainan yang terdiri dari dua bola kecil yang memiliki ukuran dan berat yang sama. Keduanya diikat dengan sebuah tali dan dilengkapi dengan cincin sebagai pegangan diatasnya.

Pemainan latto – latto ini sudah ada sejak lama pada tahun 70-an, lalu kembali viral. Jadi permainan ini memang awalnya mahal karena baru viral, lalu semakin viral semakin murah harganya. Mari simak cerita dari salah satu penjaja mainan di Malioboro.

 “ Permainan latto – latto ini sudah ada sejak lama,  tapi kembali lagi viral saat ini. Adanya tren latto – latto ini saya tahu dari tiktok dan akhirnya saya jualan mainan latto – latto juga. Awalan viral harganya nya cukup mahal sampai Rp. 25.000,00, tapi sekarang karena sudah banyak yang main latto jadi harganya lama – kelamaan menurun saat ini dijual dengan harga Rp.10.000,00. Klo di daerah wisatawan sekarang ini harganya Rp.10.000,00, tapi kalau di desa atau sekolahan harganya cuman dijual Rp.7.000,00.” Ujar Maman penjual mainan di Malioboro(10/01/2023).

Adanya trend latto – latto ini menjadi suatu keberkahan bagi penjual mainan karena dengan menjual latto – latto ini mereka banyak mendapatkan pemasukan yang lebih banyak dibadingkan menjual permainan anak – anak lainnya. Pak Maman salah satu penjual mainan di Malioboro mari kita simak kelanjutannya.

“adanya tren latto – latto ini menjadi suatu keberkahan bagi saya. Karena latto – latto viral pendapatan saya menjual mainan semakin meningkat dari sebelum menjual latto – latto. Awal viral latto – latto,  saya bisa menjual 50 latto – latto dan habis terjual semuanya.”. Ujarnya(10/01/2023).

Permainan latto ini sulit untuk dimainkan, cara memainkannya pun dengan memantulkan kedua  bandul bola tersebut. Jika semakin keras dan cepat kedua bola beradu, itu semakin menandakan pemainnya jago.

“mainnya lumayan susah terus nyebelin gk bisa mantul ketasa bolanya jadi ya gitu – gitu aja. Harganya pun murah hanya Rp.10.000,00 saja kok. Aku juga baru beli mainan ini karena penasaran kan juga karena viral akhirnya beli deh. Cuman buat hiburan doing sesekali. Harus sabar sih klo mau main latto – latto.” Ujar Mba Dini sambil memainkan latto – lattonya( 10/0120/23).

Mba Dini salah satu pengunjung Malioboro juga menjadi korab keviralan latto – latto ini dia juga ikut membeli mainan latto – latto ini disalah satu penjaja mainan. Mainan latto – latto ini membutuhkan trik dan cara main yang sesuai karena jika tidak juga bisa menyebabkan sakit pada tangan akibat bola yang sering memantul mengenai area punggung tangan.

“ternyata memainkan latto – latto tidak semudah ketika melihat nya di tiktok.” Ujar Mba Dini akhirnya(10/01/2023).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline