Lihat ke Halaman Asli

Program KKN UPI Kelompok 74 tentang Strategi Pemasaran UMKM Lilin Aroma Tetap di Desa Sariwangi

Diperbarui: 24 Agustus 2022   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah arti usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. UMKM adalah salah satu bagian penting dalam perekonomian Indonesia.

KKN tematik UPI 2022 Kelompok 74 ini bertemakan perekonomian merata, menjadi wadah untuk mahasiswa dan mahasiswi warga asli desa Sariwangi untuk mengembangkan daerahnya sendiri dengan cara mengadakan sosialisasi pemanfaatan minyak jelantah dan juga cara memasarkan produk tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Sariwangi, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Terhitung mulai dari pertengahan juli hingga pertengahan agustus.

Mamfaat lilin aroma terapi selain untuk hiasan semata lilin aroma terapi mampu memberikan efek menenangkan karena wangi yang menenangkan. Maka dari itu kami sebagai Mahasiswa/mahasiswi yang sedang melakukan KKN di Desa Sariwangi dengan Tema yang dijalankannya yaitu Ekonomi Merata, kamipun berusaha sedikit membantu membuka peluang UMKM untuk masyarakat Desa Sariwangi dengan memamfaatkan Limbah rumah tangga mereka menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual. karna limbah rumah tangga ini sangat mudah di temukan oleh semua masyarakat, limbah tersebut yaitu Minyak Jelantah yang nantinya akan diolah kembali menjadi lilin aroma terapi.

Dilihat dari permasalahan tersebut kami selaku mahasiswa/mahasiswi yang sedang melaksanakan KKN di Desa Sariwangi dengan bertema Ekonomi Merata berupaya untuk membangun peluang UMKM yaitu menjual lilin aroma terapi melalui E-comerse dan penjualan secara langsung, untuk masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga juga untuk pemuda/pemudi agar bisa menambah produktifitas dan terutama dapat menjadi suatu penghasilan tambahan.

dokpri

Pelatihan dilakukan melalui sosialisasi membahas mengenai bagaimana cara memperkenalkan produk lilin aromaterapi, baik melalui media online maupun offline. Pengenalan online dilakukan antara lain melalui media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat luas seperti Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Sementara itu, pengenalan produk secara offline dapat dilakukan dengan cara membuat poster dan spanduk tentang produk, atau bisa juga dengan memperkenalkan produk dari mulut ke mulut.

Selain melakukan sosialisasi mengenai cara pengenalan produk lilin aromaterapi, masyarakat juga diajarkan tentang pelatihan bagaimana cara pengambilan foto dan video menggunakan alat sederhana yang sering digunakan oleh masyarakat Sariwangi dengan menggunakan handphone. Tujuan dari pelatihan ini agar masyarakat mengerti bagaimana cara menghasilkan gambar dan video yang dapat menarik perhatian para konsumen melalui konten offline atau online yang dibuat.

dokpri

dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline