Lihat ke Halaman Asli

Memperingati Hari Laut Sedunia, Begini Cara Berpartisipasinya!

Diperbarui: 8 Juni 2022   07:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(sumber: ayoSurabaya)

Tanggal 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia yang dirayakan setiap tahunnya. Peringatan hari laut sedunia ini diusulkan oleh delegasi asal Kanada pada tahun 1992 dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi di Rio Janeiro, Brazil.

Baru 10 tahun silam, tepatnya pada Tahun 2002, Komisi Oseanografi Antar Pemerintah (IOC) UNESCO mensponsori jaringan Kelautan Dunia untuk membangun dukungan diadaknnya peringatan hari laut sedunia ini. 

Dan pada tahun yang sama, The Ocean Project dan World Ocean Network memulai promosinya dan melakukan koordinasi secara global terkait peringatan Hari Laut Sedunia. Kedua organisasi tersebut merayakan Hari Laut Sedunia yang pertama kali, bersama jaringan kebun binatang, akuarium, dan kelompok lingkungan di seluruh dunia.

Atas dorongan dari banyak organisasi, lalu barulah akhirnya PBB secara resmi menetapkan tanggal 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) melalui resolusi 63/111 dan dengan harapan semakin terbukanya kepedulian dan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.


Pada perayaan Hari Laut Sedunia tahun ini, PBB akan mengangkat tema Revitalisasi: Aksi Kolektif Untuk Laut. Ini akan menjadi perayaan pertama yang akan dilaksanakan secara Hybrid di markas besar PBB, New York.

Cara ikut berpartisipasi Hari Laut Sedunia

Bagi yang ingin berpartisipasi memeriahkan Hari Laut Sedunia ini, salah cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengunggah twibbon di akun media sosial. Salah satu link twibbon yang dapat kalian gunakan adalah:

https://www.twibbonize.com/happyworldoceanday

Selain itu juga, kita dapat berkonstribusi dalam acara tahunan ini dengan bersama-sama menjaga dan melestarikan laut disekitar kita.

Cara Melestarikan Lingkungan laut

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline