Lihat ke Halaman Asli

Wisata Religi Tuban

Diperbarui: 17 Juni 2024   09:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Tuban dikenal sebagai Kota Bumi Wali. Penyebutan ini dikarenakan Tuban terletak di jalur Pantai Utara dan memiliki sejarah yang panjang terkait dengan penyebaran dalam berdakwah untuk agama Islam. Selain itu, Tuban juga sering dijadikan sebagai wisata religi dikarenakan banyaknya makam wali. Berikut merupakan wisata religi yang bisa dikunjungi apabila singgah di Tuban:

1. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang terletak di dekat alun-alun Tuban serta di sebelah Masjid Agung Tuban. Nama asli Sunan Bonang adalah Raden Maulana Makhdum Ibrahim. Sunan Bonang adalah salah satu Wali Songo sebagai penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Sunan Bonang ialah putra dari Sunan Ampel. Nama Sunan Bonang melekat dikarenakan beliau merupakan penemu salah satu jenis gamelan yang disebut bonang.

2. Makam Syekh Ibrahim Asmoroqondi

Makam Syekh Ibrahim Asmoroqondi terletak di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Syekh Ibrahim Asmoroqondi adalah ayah dari Sunan Ampel dan kakek dari Sunan Bonang. Syekh Ibrahim Asmoroqondi dikenal memiliki keahlian pandai besi. Beliau juga turut menyebarkan agama Islam di Jawa dan sangat dekat dengan Wali Songo.

3. Makam Sunan Bejagung Lor

Makam Sunan Bejagung Lor terletak di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Nama asli Sunan Bejagung Lor adalah Sayyid Abdullah Asy'ari bin Sayyid Jamaluddin Kubro. Sunan Bejagung Lor merupakan adik dari Syekh Ibrahim Asmoroqondi. Salah satu hal yang menarik peziarah untuk mampir ke Makam Sunan Bejagung Lor adalah adanya misteri air sumur giling untuk penyembuhan berbagai penyakit. Berdasarkan penjaga Sumur Giling, sumur ini dibangun karena sempat terjadi kekeringan dan hampir tidak ada sumber air.

4. Makam Sunan Bejagung Kidul

Makam Sunan Bejagung Kidul terletak di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Sunan Bejagung Kidul merupakan putra Raja Hayam Wuruk yang memiliki nama asli Kusumawardani. Namun, ketika beliau memeluk agama Islam, beliau mengubah namanya menjadi Syekh Hasyim Alamuddin. Pada awalnya, beliau berguru pada ayah Sunan Bejagung Lor. Ketika ayah Sunan Bejagung Lor atau Sayyid Jamaluddin Kubro melihat bakat Syekh Hasyim Alamuddin dalam menyebarkan agama Islam, beliau ditugaskan untuk menyebarkan agama Islam di wilayah Bejagung Kidul.

5. Makam Syekh Ahmad Kholil

Makam Syekh Ahmad Kholil terletak di Desa Rawasan, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Syekh Ahmad Kholil berasal dari Timur Tengah. Beliau berlabuh dan kapalnya mendarat di sekitar Desa Rawasan. Saat itu, masyarakat masih menyembah benda-benda. Pada akhirnya, beliau memutuskan untuk tinggal dan menyebarkan agama Islam di Desa Rawasan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline