Lihat ke Halaman Asli

Khof H

Penulis

Bekerja Sesuai Hobi Tidak Selalu Menyenangkan

Diperbarui: 21 Januari 2023   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi sumber dari etsy.com

"Bekerjalah sesuai dengan kesukaan kamu agar lebih menyenangkan dan tidak terlalu stres." Kalimat tersebut tentunya pernah sekali dua kali kalian dengar. Ya, Saya juga mendangar hal yang sama. 

Ada kutipan dari salah satu tokoh di Indonesia yang saya kagumi, beliau adalah Pak Ridwan Kamil. 

Ilustrasi sumber etsy.com 

Kalimat ini tidak semenyenangkan bayangan saya, ternyata pekerjaan paling menyenangkan adalah tidak bekerja tapi income berjalan lancar. 

Yah, hobi saya menulis dan bekerja sebagai penulis paruh waktu. 

Ketika saya menulis sebagai hobi, semua hal yang ingin saya tulis dapat diungkapkan melalui papan keyboard layaknya sekarang. 

Apapun itu bisa dituliskan, tidak peduli dengan kriteria lain tanpa ada batasan tentunya tidak ada hasut menghasut serta unsur sara maupun pornografi.

Saya tidak menyalahkna apapun tapi beginilah dunia pekerjaan yang saya lakoni saat ini. Sebagai seorang penulis yang mencintai setiap karya tulisan saya membuat hati ini sedih perkara mencari nafkah.

Kualitas tulisan sekarang ada standarnya, harus sesuai dengan minat pasar. Saat bekerja sebagai penulis hal paling penting adalah apa yang ingin orang lain cari serta apa yang ingin mereka baca bukan tentang apa yang ingin kamu tulis.

Kenapa saya harus mempedulikan apa keinginan orang lain, apa yang ingin orang lain baca, apa yang ingin orang lain lihat? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline