Lihat ke Halaman Asli

Nur Khasanah

Mencari dan Berbagi Pengetahuan Dengan Menulis

Sehat dengan Empat Gelas Air Putih di Pagi Hari

Diperbarui: 24 Maret 2020   18:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

instisari.grid.id

Bagi sebagian orang kadang tidak terlalu menyukai air putih. Mereka merasakan hambar jika minum air putih di bandingkan dengan minum kopi atau teh. Apalagi kalau yang sudah terbiasa minum kopi atau teh, sehari tidak minum saja rasanya seperti ada yang kurang. Dan biasanya bagi pecandu kopi atau teh lama kelamaan akan meninggalkan air putih. Padahal manfaat dari air putih itu sudah tidak dapat di ragukan lagi, terutama untuk kesehatan tubuh.

Lalu, apa sih manfaat dari air putih?

Sebenarnya banyak sekali manfaat air putih yang  berguna untuk kesehatan tubuh kita. Karena pada dasarnya tubuh kita  sekitar 70 % terdiri dari air, sehingga jika kita sampai kurang minum, maka tubuh akan menanggung konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif.

Menurut kesehatan, di sarankan kita minum air delapan gelas atau sekitar dua liter sehari. Dan apabila kita kurang minum, maka akan menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan).

Dan dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit, di antaranya migrain, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, paru-paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim.  Agar tubuh kita terhindar dari penyakit serius tersebut, maka tubuh perlu mengkonsumsi air putih agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

Berikut ada delapan manfaat yang kita peroleh dengan rajin mengkonsumsi air putih, terutama air putih hangat, dan di lakukan setelah bangun tidur di pagi hari, antara lain :

1. Membantu menghilangkan racun dalam tubuh.
Dengan rajin kita minum air putih hangat setelah bangun tidur, maka racun-racun yang mengendap akan keluar bersama air seni.
2. Meningkatkan metabolisme. Dengan rajin minum air putih maka proses kecepatan tubuh dalam mencerna, menyerap, dan mengasimilasi makanan untuk di ubah menjadi energi akan lebih cepat.

3. Mencegah kenaikan berat badan. Berat badan akan stabil, dan dapat menurunkan berat badan.

4.Mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, magh, dan lain-lain.

5. Kulit menjadi lebih sehat
6. Baik untuk pertumbuhan rambut
7. Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih
8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.
(Di kutip dari kompas.com)

Foto dari berbagai sumber

Minum Air putih untuk therapi
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline