Lihat ke Halaman Asli

Siti Nurjanah

Ibu Pembelajar

17 Tahun Indscript Creative

Diperbarui: 26 September 2024   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indscript Creative


Minggu (8/9), Indscript Creative menggelar kegiatan melalui zoom bersama para penulis, mitra, anggota komunitas juga tim Indscript untuk mengenang perjalanan inspiratif Indscript Creative dari nol hingga saat ini telah berusia 17 tahun. Kegiatan ini bertemakan "17 Tahun Indscript, Melesat dan Menghebat Untuk Umat".

Indscript Creative lahir dari tangan dingin seorang perempuan tangguh bernama Indari Mastuti yang telah berkarir di dunia kepenulisan sejak tahun 1996. Indscript Creative berdiri pada tahun 2007 sejak beliau memutuskan menjadi ibu rumah tangga tetapi tetap ingin mewujudkan mimpinya dan tidak menyerah meskipun dunia seolah menutup pintu di setiap langkahnya.

Ia memegang prinsip "Kaki Tetap Kokoh di Rumah, Tangan Merengkuh Dunia".

Pendiri Indscript yang biasa dipanggil Teh Indari ini mengisahkan lika-liku perjalanan Indscript Creative yang tidak mudah hingga pernah mengalami tiga kali masa kebangkrutan. Gali lubang tutup lubang keuangan pernah dialami Teh Indari dalam mempertahankan Indscript. "Kita boleh minus keuangan, tapi satu hal yang tidak boleh minus yaitu semangat!" ucapnya dengan semangat. "Ketika orang-orang bertanya kenapa saya tetap mempertahankan Indscript Creative, tidak mengganti bisnis yang lain? maka saya katakan bahwa saya melihat masa depan saya bersama Indscript Creative!" ungkap Teh Indari.

Menurut Teh Indari, menulis bisa menjadi bisnis karena menulis adalah suatu kebutuhan releksasi diri. Sebelum Indscript didirikan, Ia juga sudah membuktikan sejak 2007 bahwa menulis dapat menghasilkan uang. Dengan menyebarkan virus menulis di kalangan ibu rumah tangga, ternyata sangat membantu mereka untuk bisa tetap berdaya mengembangkan diri juga berpenghasilan dari rumah. Sehingga selain mendirikan Indscript Creative, Teh Indari juga sangat concern membuat komunitas para perempuan, seperti komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis, Sekolah Perempuan, Nulis Jadi Cuan. "Dengan adanya para member komunitas-komunitas inilah yang membuat saya lebih kuat melangkah." ungkap Teh Indari.

Ia menjelaskan proses lima tahun pertama (2007-2012) Indscript Creative adalah sebagai masa pembelajaran, masa kebangkrutan pertama, dan masa membangun branding. Menuju 10 tahun (2013-2017) adalah masa kebangkitan, masa berinovasi. Di tahun 2015-2024, menuju 15 tahun ini adalah masa siklus up down dan melesat melalui digital marketing. Dan menuju 20 tahun (2023-2027), Indscript fokus memberikan premium writing service, memperkuat digital marketing, dan mengokohkan community building "Menghebat Untuk Umat".

Dengan visi "Perusahaan Partner Kolabolator yang menyiapkan jutaan pelung di dunia bisnis dan penulisan di Indonesia", Indscript Creative meyakini bahwa penulis harus bisa bisnis, begitu juga pebisnis harus bisa menulis sehingga kolaborasi tersebut akan bisa saling melejitkan. Indscript Creative menanamkan budaya kerja Inisiatif, Komunikatif, Inovatif, Cepat dan Tepat, Adaptif, Pembelajar, Kreatif dan Dinamis. Budaya kerja inilah yang membuat Indscript dapat bertahan di tengah zaman yang semakin canggih ini hingga bisa melesat dengan sentuhan digital marketingnya. Agamis, jaringan luas, cepat, dan tanggung jawab adalah nilai-nilai yang Teh Indari tanamkan sebagai nilai-nilai perusahaan Indscript Creative.

Pada akhir sesi, Indscript Creative memberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang berprestasi juga yang telah setia mensupport perjalanan Indscript Creative hingga bisa sampai seperti sekarang ini. Kini Indscript Creative telah melahirkan 3.000 lebih penulis dari pemula yang akan terus menularkan virus menulisnya hingga mencapai target 10.000 penulis jago bisa bisnis, juga pebisnis yang jago nulis.

Dari perjalanan panjang inilah lahir buku terbaru Teh Indari yang berjudul "Melangit!", kisah di dalamnya menjadi pembuktian bahwa ketangguhan dan kerja keras bisa mengubah mimpi menjadi kenyataan. Setiap langkahnya terus menginspirasi para pembaca untuk berani bermipi dan tidak menyerah.

Selamat milad ke 17 Indscript Creative, semoga semakin sukses dan menebar banyak manfaat untuk umat. (SN)

#17TahunIndscript
#MelangitkanMenulis
#SayaPenulisIndscript

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline