Lihat ke Halaman Asli

Nuriyatul Qomariyah

Mahasiswa/Uin Maulana Malik Ibrahim Malang

Penggunaan Media Mind Mapping yang Menarik, Simpel dan Pastinya Menyenangkan

Diperbarui: 13 Desember 2023   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gridkids- rawpixel.com

MEDIA PEMBELAJARAN

Pada saat pembelajaran Asistensi Mengajar, Media Pembelajaran yang saya gunakan ada beberapa macam. Salah satunya mind mapping dan quiziz. Dalam pemanfaatan media belajar, mind mapping mampu memberikan kemudaan peserta didik dalam memetakan pemahaman dengan padat, sederhana, praktis dan juga hemat waktu, yang sehingga pembelajaran tidak terkesan banyak materi dan membosankan. Apabila saat pembelajaran berlangsung tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik maka peserta didik cenderung tidak mendengarkan dan endingnya rame atau malah tidur tiduran. hal ini merupakan salah satu tantangan bagi para pendidik dalam menangani peserta didik yang seperti itu. 

Dilihat dari  mudahnya penggunaan mind mapping peserta didik tertarik dengan fitur dan elemen yang lucu, sehingga mengugah semangat belajar peserta didik. Selain itu pemanfaatan media pembelajaran menggunakan mind mapping mampu meningkatkan daya ingat peserta didik, kemampuan manajement informasi, konsentrasi dan juga meningkatkan ketajaman memori mereka. Penggunaan media ini juga melibatkan peserta didik dalam menumbuh kembangkan kreatifitas, inovasi  dalam menuangkan inti materi pokok kedalam mind mapping.

Sebelum membuat media mind mapping, ada 2 fitur mind mapping yang bisa kita buat untuk media pembelajaran di kelas. yaitu mind mapping dalam pembelajaran offline dan onine. untuk mind mapping offline. Ada beberapa langkah dalam memulai pengunaannya yaitu: Pertama, kita cari poin penting disetiap bab dan sub bab lalu tulis poin penting itu pada kertas atau buku, yang kedua, siapkan peralatan mendukung seperti kertas bergambar, kertas persegi panjang, penggaris,  spidol warna atau pensil warna dan bisa kita tambahkan animasi atau stiker bermotif untuk memberikan nuasa menarik dan estetik. Ketiga, tulis dengan menggunakan huruf kapital nama judul yang sudah disiapkan lalu Tempatkan di atas atau bagian tengah. Karena judul yang ditulis tebal memberi kesan lebih menonjol. Keempat, buatlah cabang atau akar pembagian untuk menuangkan sub bab materi dari bab yang telah disusun, berikan warna yang menonjol atau bervariasi pada setiap anak judul agar tidak monoton atau terkesan hambar.

Selanjutnya cara membuat media pembelajaran di mind mapping online yaitu menggunakan aplikasi atau web browser. disana nanti sudah disediakan dengan baik cara penggunaan dan cara pengaplikasiannya. Untuk awal penggunaan mind mapping yang perlu kita siapkan adalah  email untuk mulai masuk. lalu kita akan menemukan banyak template dan juga elemen-elemen bagus didalamnya. terakhir kita tinggal memasukkan materi yang sudah dipadatkan kedalam template mind mapping atau bisa juga kita buat mind mapping manual dengan menggunakan elemen pribadi sesuai yang telah disediakan. untuk Rekomendasi aplikasi mind mapping online yang bisa kita gunakan secara free dan mudah dalam aksesnya, yaitu : MindMup, Venngage,MindMeister, Xmind, dan lainya. Adapun jenis fitur yang tersedia di dalam mind mapping sangat banyak seperti, Bridge Map, Bubble Map, Flow Map Dan ada juga Tree Map.

Untuk cara pembuatanya seperti berikut, pertama, tentukan media yang ingin digunakan terlebih dahulu agar lebih memudahkan dalam menuangkan ide gagasan atau materi yang akan dicantumkan. Kedua, mengetahui dan menetapkan konsep utama agar langsung bisa mengatur fokus pembahasan (fokus materi) didalam mind mapping. Ketiga, buat sub konsep, sebelum kita menuangkan rincian materi kedalam mind mapping sebaiknya persiapkan terlebih dulu sub konsep sehingga rincian materi sudah ready untuk dimasukkan ke dalam mind mapping dengan materi yang  mudah difahami dan terarah. Keempat, pilih jenis fitur mind mapping yang sesuai dengan pembahasan kamu, kelima beri hiasan atau gambar-gambar tambahan agar menarik dan mampu memberikan highlight pada poin-poin penting yang ingin disuguhkan.berikan mem

dilihat dari penerapan penggunaan media pembelajaran yang sudah saya jalankan dengan mind mapping mampu memberikan kemudahan saya dalam menyampaikan materi ke peserta didik sesuai apa yang saya harapkan. yaitu mereka mampu memahami materi dan juga menghafalkan materi dengan mudah serta mampu menginggat materi itu ketika pertemuan pembelajaran selanjutnya dan  ketika ujian semester. media ini memudahkan peserta didik dalam ketajaman pemahaman materi. 

Terimaksih dan semoga membantu,

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline