Lihat ke Halaman Asli

Nuriyah Faiqotul Himmah

Universitas Nahdlatul ulama Surabaya

Pentingnya Menguasai K3 di Rumah Sakit

Diperbarui: 7 November 2022   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

K3 Merupakan salah satu isu penting di dunia kerja saat ini termasuk lingkungan Rumah sakit. Rumah sakit termasuk tempat kerja dengan berbagai potensi bahaya yang dapat menimbulkan dampak dan risiko terhadap keselamatann dan kesehatan kerja. Risiko ini tidak hanya terhadap para pelaku langsung yang bekerja di Rumah sakit, namun juga terhadap pasien, pengunjung dan masyarakat sekitar.

Pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja ini salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan yang mana akan menyebabkan penyakit akibat kerja.

Pengorganisasian K3 di Rumah sakit disesuaikan dengan petunjuk teknis yang ada dalam Permenkes No.66 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan kerja di Rumah sakit bahwa sumber daya Rumah sakit, pasien, pendamping pasien, pengunjung harus mendapatkan perlindungan dari gangguan kecelakaan, baik dalam proses kegiatan pemberian pelayanan maupun diluar pelayanan.

Oleh karena itu, Rumah sakit harus menetapkan dan melaksanakan K3RS yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan cidera serta mempertahankan kondisi yang aman bagi sumber daya manusia di rumah sakit, pasien, pendamping pasien, dan pengunjung.  

Sehingga dengan adanya jaminan K3RS masyarakat yang membutuhkan pelayanan Rumah sakit dapat nyaman dan tenang dalam berkunjung ke Rumah sakit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline