Lihat ke Halaman Asli

Pendampingan Penyusunan Proyek Pembelajaran STEAM Terintegrasi Mitigasi Bencana di SMP Darul Hikmah Mojokerto

Diperbarui: 30 Agustus 2022   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah tingkat menengah, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan SMP Darul Hikmah Mojokerto mengadakan kegiatan workshop bersama. Workshop yang dilakukan berupa kegiatan pendampingan penyusunan proyek pembelajaran dalam kurikulum Merdeka Belajar. 

Proyek yang diharapkan dikembangkan oleh guru-guru peserta workshop harus terintegrasi dengan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dengan Tema terkait Mitigasi Bencana. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan literasi sains guru serta penanaman Profil Pelajar Pancasila bagi siswa nanti.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk workshop pendampingan penyusunan proyek pembelajaran STEAM terintegrasi Mitigasi Bencana dalam kurikulum Merdeka Belajar, dilaksanakan dalam 2 pertemuan yaitu secara hybrid dan daring. Kegiatan PKM hybrid dilakukan pada hari Sabtu 16 Juli 2022 bertempat di SMP Darul Hikmah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.  

Narasumber yang terlibat dalam kegiatan PKM adalah Prof. Dr. Madlazim, M.Si. (Dekan FMIPA Unesa), Dr. Eko Hariyono, M.Pd. (Kaprodi S2 Pendidikan Sains), Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah, M.Pd. (Anggota UPM Fisika), dan Nurita Apridiana Lestari, M.Pd. (Tim Kerjasama FMIPA). Kegiatan diikuti oleh 16 peserta guru dari sekolah menengah di wilayah Mojosari, yaitu SMP Darul Hikmah, SMP Pahlawan, SMPS Unggulan Harapan Bangsa, dan SMA Muhammadiyah 2 Mojosari yang hadir secara luring.

Pembukaan diawali dengan sambutan dari Kepala SMP Darul Hikmah Mojosari, Ibu Siami Sitatin, M.Sc. serta Dekan FMIPA Unesa, Prof. Dr. Madlazim, M.Si., sekaligus sebagai narasumber kegiatan PKM. Materi-materi yang disampaikan pada kegiatan PKM hybrid (luring dan daring) sebagai berikut.

Materi 1 oleh Prof. Dr. Madlazim, M.Si. tentang Pentingnya Integrasi Mitigasi Bencana Alam dalam Pembelajaran.

Materi 2 oleh Dr. Eko Hariyono, M.Pd.tentang Pembelajaran STEAM dan ESD

Materi 3 oleh Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah, M.Pd. tentang Overview Kurikulum Merdeka Belajar dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Materi 4 oleh Nurita Apridiana Lestari, M.Pd. tentang Inspirasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

Narasumber kegiatan PKM di SMP Darul Hikmah mendemonstrasikan contoh proyek mitigasi bencana yang mengintegrasikan pembelajaran STEAM melalui alat peraga Terarium Bioekosistem. Terarium Bioekosistem dapat digunakan oleh guru sebagai ilustrasi perbedaan kondisi antara ekosistem hijau dan ekosistem kering yang dapat menimbulkan dampak pada kondisi pemanasan global. Proyek pembuatan Terarium Bioekosistem tersebut juga mendukung terwujudnya program ESD (Education for Sustainable Development).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline