Lihat ke Halaman Asli

Ras Dan Etnis, Berpengaruhkah?

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ras dan etnis adalah ciri-ciri yang pasti dimiliki oleh suatu bangsa atau daerah, dan setiap daerah memiliki ras dan etnis yang berbeda-beda. Ketidaksetaraan ras dan etnis seringkali menjadi problem antar bangsa. Masing-masing dari bangsa menganggap ras dan etnis mereka yang paling benar. Kecintaan mereka terhadap bangsanya cenderung berlebihan. Kelompok etnik atau suku bangsa (ras) merupakan kelompok sosial yang tiap-tiap anggotanya memiliki latar belakang sejarah, asal-usul atau ciri-ciri cultural yang unik dan bersifat universal.
Didunia ini manusia tidak akan mungkin mampu hidup tanpa bantuan orang lain, hal ini mengungkapkan arti pentingnya manusia berhubungan sosial antar manusia sebagai suatu sistem mempertahankan etnik masing-masing. Masalah etnis sangat berhubungan dengan:
1.Ekonomi
2.Politik
3. Social
4. Moral
5. Spiritual
6. Fisikal kelompok etnik. Setiap kelompok entik menganggap bahwa kelompoknya lah yang paling
Ketidaksetaraan ras dan etnik itu terjadi dikarenakan perbedaan pendapatantar benar,yang paling unggul. Sering terjadinya konflik antar kelompok justru memperkuat hubungan suatu kelompok. Faktor genetis yang menjadi salah satu faktor perbedaan ras atau etnis, terkadang juga berpengaruh pada keberlangsungan keturunan kelompok tersebut. Dan hal ini juga sudah menjadi mitos sekaligus kenyataan pada zaman ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline